Kontak Kami

kartu nama blog

148 responses

19 05 2009
andisujatmika

salam kenal bos…. aku andi peternak pemula dari jogja….di kandangku baru ter isi 9 ekor….. 4 induk sisanya cempe

23 05 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas andi di jogja:), matursuwun sudah mampir di blog saya. Masalah analisa usaha untuk beternak kambing PE menurut saya harus di rinci dengan teliti. Mengapa demikian? Beternak kambing Jenis ini membutuhkan perawatan khusus dengan biaya yang tidak sedikit. Investasi sebaiknya diperhitungkan untuk jangka panjang, dengan jumlah ternak terentu untuk bisa mencapai sekala ekonomis. Selain itu tujuan anda beternak harus jelas, kearah optimalisasi susu atau breeding bibit unggul.
Saran saya, jangan patah semangat mas andi, terus maju. Biasa dalam usaha apapun pastri ada duka dan kerugian dalam belajar memulai, sama saya juga demikian:). Mengenai harga indukan, setau saya untuk warna coklat sekitar 3 jutaan. Salam Kandang bambu:)

9 10 2010
wira

kalau kami butuh bulu kambing ,apa bisa ya mas?,,yang kami butuh jenis jantan warna putih,

28 05 2009
amir

mas andi sujatmiko, boleh dong kirim foto kambingnya ke email saya : amir_kpp et yahoo dot com, maturnuwun

23 07 2009
tantri

mas arief salam kenal dr banjarnegara, kapan kl sy liburan pas pulang ke malang sy pengin lihat peternakan mas ya tks

24 07 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas tri siswoyo di banjarnegara, Silahkan saja mas maen2. sekalian nanti anda saya antar ke kandang rekan peternak paguyuban di Malang agar memperoleh gambaran lebih banyak. Salam kandang bambu:)

24 07 2009
tantri

mas andi sy jg lg coba untuk usaha spt mas, baru jalan sekitar 6 bulan ini. sy sangat berharap untuk dapat masukan agar peternakan sy bisa jalan dengan baik, kemungkinan sy jg ingin dapat bibit indukan yg bagus tp harga boleh kan nego….. tks.

27 08 2009
Dedy

malam Mas Arif..

Salam kenal mas..saya tinggal di malang, saya lagi belajar juga beternak Etawa, sekarang baru punya 1 indukan baru manak 3, jantan semua.. Kalo melihat harga kambing Etawa seperti waktu musim tanaman “gelembang cinta” Menurut mas Arif apakah suatu saat harga kambing etawa bisa seperti tanaman gelombang cinta mas, yang sekarang sudah tidak stabil, kalo dibandingkan waktu lagi boom yang bisa nyampe ratusan juta, mohon informasi mas

28 08 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas dedy, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Dalam beternak kambing khususnya peranakan etawa(PE), biasanya peternak membagi jadi 2 arah mas. Pertama beternak bibit unggul kontes dan kedua beternak kearah susu dan daging. Perbedaan mencolok antara keduanya adalah pada investasi awal harga indukan dan pejantannya. Harga indukan dan pejantan kelas kontes untuk saat ini cukup mahal, kisaran 10 juta keatas per ekor. Sedangkan harga indukan untuk susu dan daging kisaran 2 jt/ekor.
Berikut coba saya uraikan kelemahan dan kelebihan keduannya:

Kelebihan ternak kelas kontes:
1. Harga jual anakan relativ bagus, biasanya umur 3-4 bulan bisa dijual 2jt keatas.
2. Jika indukan atau anakan menang pada even kontes kambing PE, maka harganya akan melambung berlipat-lipat.
Kelemahan, khususnya bagi pemain baru:
1. Investasi awal cukup tinggi
2. Perhitungan balik modal susah diprediksi, bisa sangat cepat bisa juga sangat lama.
3. Pasarnya sangat segmented (kurang luas), karena pembelinya biasanya kalangan tertentu yaitu penghobi saja.
4. Tidak mungkin dijual daging karena harganya tidak cocok (terlalu mahal).
5. Harga jual hasil susunya tidak berbeda dengan kelas pedaging
6. Pasar tidak stabil dan rawan terjadi kerusakan harga seperti kasus bunga. Karena sifat pasarnya yang segmented cenderung pada penghobi saja.

Kelebihan kelas susu dan pedaging:
1. Investasi awal lebih realistis sehingga analisa usaha cenderung lebih riil
2. Pasarnya cenderung stabil karena konsumennya sangat luas. harga jual cempe lebih terjangkau masyarakat umum dan masuk untuk dijual daging.
3. Hasil susu jika digarap maksimal menjanjikan keuntungan cukup tinggi.
Kelemahan:
1. Meski pasarnya luas, tetapi cenderung belum tergarap maksimal sehingga diperlukan usaha memperkenalkan dan memasarkan hasil peternakan lebih giat.
2. Keuntungan hasil jual anakan tidak terlalu besar, perolehan keuntungan lebih kearah akumulasi penjualan.
3. Diperlukan kreativitas lebih dalam mengolah dan memperluas hasil produk turunan.
Demikian sedikit yang bisa saya share dengan anda, semoga bermanfaat. Salam Kandang bambu:)

31 08 2009
Dedy

Malam Mas Arif..

Wehh komplet banget infonya, sangat membantu buat pemula seperti saya mas.. Terus mas waktu itu indukan saya kan harganya juga lumayan mahal menurut kantong saya kisaran 7 jt, menurut mas arif saya ke arah yang mana nehh, terus terang pengetahuan saya tentang kambing PE masih seputaran buku saja, dan baru-baru ini kenal sama blognya mas arif dan cukup banyak info yang sangat membantu.. Kalo kambing kontes saya juga kepingin dan yang menghasilkan susu juga kepingin mas, hehe serakah ya mas.. Mungkin mas arif ada solusinya.. Terima kasih banyak atas bantuan informasinya..

31 08 2009
Dedy

Malam Mas Arif,

Mas saya pengen neh liat koleksi kandang bambu, itung-itung nambah ilmu dari mas arif, boleh tah mas.. Boleh tau lokasinya mas..

1 09 2009
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas dedy. Sama dengan saya, belajar juga dari buku. Hanya kebetulan banyak kenal dengan sesama peternak PE se-paguyuban jadi sering dikasih tips dan ilmu baru dari para senior:p. Mengenai arah beternak, kalau anda baru dalam beternak, saya sarankan main di kelas susu dan daging saja sambil terus belajar. Kalau mas andi pengen dua2nya monggo saja tapi juga harus teliti dan siap dengan resikonya.
Kualitas kambing kontes tidak ditentukan oleh harganya, tetapi lebih ke ciri fisik yang unggul. Sebagai info, anak kambing PE juara kontes bupati malang cup 2009 kemaren asal tulung agung terjual dengan harga 40jt umur 4bln. Anda bisa bayangkan kalau anda bermain dengan beli bibit turunan juara, berapa investasi yang harus anda keluarkan?
Monggo maen ketempat saya mas dedy, rumah saya di Joyo suko metro2 belakang UIN malang. Saya tidak sarankan anda maen ke kandang saya, karena kambing saya biasa semua, kelas 1 jutaan… nanti anda saya temani ke kandang teman2 paguyuban saja supaya anda bisa belajar banyak:) Salam kandang bambu:)

2 09 2009
Dedy

Iya mas arif waktu kemaren ada kontes di kanjuruhan sempet juga saya nawar anakan yang betina kira2 umurnya baru 4 bulan mintanya sudah 4,5 jt..apa karena kambingnya ikut kontes jadi mahal gitu apa memang standart harga segitu, jadi ya masih mikir juga mas arif wong kantong kita juga pas-pasan nih.. Iya untuk solusinya terima kasih banyak mas, akan saya coba fokus ke arah susu dan daging, tapi mas arif kalo kambing PE untuk konsumsi daging untuk harga bagaimana mas, apakah tergantung harga pasar atau punya harga standart untuk jenis kambing daging PE ?

Salam

3 09 2009
Arief Rachman W.

mas dedy, setau saya belum ada standart harga kambing PE, untuk anakan 3-4 bulan harga sekitar 600-800rb/ekor kalau tidak salah. Kalau anakannya lumyan bagus bisa dijual kisaran 1-2 jt/ekor. Tolong anda cari info lain dari sesama peternak mengenai harga tersebut. Salam Kandang Bambu:)

5 09 2009
Dhany Wibowo

Assalamu’alaikum.
salam Kenal mas..
saya mau bertanya ttg beternak kambing. dahulu paman say pernah beternak babi. namun sekarang sdh tdk lg.saya ingin memanfaatkan bekas kandang babi untuk kandang kambing bisa? saya tinggal di Solo.utk lahan yg ingin sy garap ada di daerah Nguter Sukoharjo. adakah contoh peternakan kambing di dekat Solo?
terima kasih. (tlg jawabannya diemail jg ke email sy ya mas..)

5 09 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal juga mas Dhany. Terimakasih telah mengunjungi kandangbambu weblog. Pemanfaatan areal bekas kandang babi saya pikir bisa2 saja, namun kemungkinan besar harus merombak total model kandangnya. Contoh atau referensi peternakan kambing dekat solo khususnya kambing PE bisa anda liat di peternakan bumiku hijau milik pak bondan. Alamatnya seputaran ringroad utara yogyakarta, sekitar 100 m setelah perempatan Condong catur.
Demikian semoga dapat membantu mas dhany, selamat mencoba beternak semoga sukses. Salam kandang bambu:)

8 09 2009
Dedy

Assalamualaikum Mas Arif,

Mas terima kasih banyak sudah berkunjung ke kandang saya, meskipun kandangnya masih kurang representative, dan saya ucapkan juga terima kasih buat masukan dan saran yang mas Arif sudah sampaikan.. Cukup menambah wawasan dan ilmu tentang beternak Kambing PE.. Terus untuk paguyuban saya jadi ikut lho mas.. Bisa dibantu ya mas apa aja yang saya harus penuhi.. O yA jadi Pulang Kampung ya mas, ya wis ati2 mas, salam buat keluarga aja ya mas..

Salam

8 09 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam. Sama-sama mas dedy, senang juga bisa kenal dan main kerumah anda. Gabung aja mas dengan paguyuban, ndak pake syarat2tan nanti kalau ada pertemuan dateng aja sama saya.
Insya Alloh habis lebaran nanti kita bisa jalan2 silaturahmi ke temen2 peternak lain mas. Tetap semangat ya mas dedy, salam kandang bambu:)

20 09 2009
khusnan

mas aku mo mencoba ernak kambing otawa, aku sih udah punya kambing tapi biasa saja, gmn ya langkah awal yg harus ditempuh

21 09 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas khusnan, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Menurut saya, sebelum memulai terlebih dahulu pelajari ciri fisik, bentuk kandang ideal, jenis pakan dll. Jika anda sudah faham, carilah bibit pejantan atau indukan di sekitar daerah anda. Mulailah dengan memelihara kambing PE kelas biasa yang tidak terlalu mahal, jika dikemudian hari anda sudah menguasai beternak kambing etawa silahkan saja jika anda mulai memelihara kambing jenis kontes yang berharga tinggi.

Sumber rujukan untuk belajar beternak kambing perah/PE/etawa, bisa anda peroleh dengan membaca buku tentang kambing perah/etawa. Bisa juga anda mengakses informasi melalui web/situs di Internet, insya Alloh cukup banyak informasi di share via internet tentang kambing PE(etawa).
Kemudian sebisa mungkin perbanyak kunjungan ke kandang peternak lain yang telah sukses di sekitar daerah anda, tanyakan sebanyak2nya hal yang anda belum tau insya Alloh mereka dengan senang hati akan membagi ilmunya:). Selamat mencoba mas khusnan, salam kandang bambu:)

25 09 2009
Slamet

Mas Arief,
Saya dari Bandung kebetulan ada urusan di Sidoarjo sampai tgl 28 sept 09. Bisakah kita tour kandang di Malang & sekitarnya tgl 26/27 sept 09?

Saya baru beli 2 cempe dan dititipkan di kandang teman saya yg sudah punya 40 ekor di Sumedang.

Wassalam

26 09 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas slamet, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Dengan hormat, kami mohon maaf, karena saat ini sedang berada di balikpapan hingga tanggal 28 sept’09. Insya Alloh kandang bambu management aktif normal per tanggal 29 sept’09.
Terimakasih atas pengertiannya, salam kandang bambu:)

23 10 2009
luthfi himawan

assalamu’alaikum mas…
salam kenal sebelumnya…
saya dari dulu mau punya kambing, baik sebagai investasi ataupun karena saya emang seneng kambing mas. cuman saya memang gak ada waktu buat ngurus mas arief..
sekarang saya punya 4 ekor di blitar saya titipin ama saudara, kalo pas pulang kampung aja saya liat..kebetulan sistimnya “paron” kata orang jawa..
yg ingin saya tanyakan, mungkin di malang ada tempat saya bisa invest mas? gak usah banyak banyak mas, buat punya punyaan aja, soalnya saya gak punya lahan di malang…
kalo ada tolong saya di-email ya…
matur nuwun…
wassalam..

25 10 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal juga mas luthfi:). Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Mengenai tempat invest insya Alloh nanti saya kabari via e-mail kalau ada informasi.
Salam kandang bambu:)

1 11 2009
dody wisnu pribadi

Berminat main ke kandangnya Bung Arief. Saya warga Malang, dan sedang membangun kandang di Blitar. Rencana besok tanggal 8 ke Tulungagung, liat kontes, sambil mau belajar. Apakah boleh telepon njenengan dan minta ijin lihat kandang ?
Dody – Ikan Mas – Blimbing – Malang

1 11 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas dody, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Silahkan mas, saya tunggu telphon ato smsnya. Salam kandang bambu:)

21 11 2009
dwi

assalamualaikum,saya tertarik sekali ingin buka peternakan kambing untuk pedaging, bagusnya kambing jenis apa ya mas?pngn bgt tuh maen ke kandang baambu aku asli cilacap,jauh jg seh clcp-mlng.kandangbambu bisa nyediaiinindukan nya gak mas, trus kl bsa pengirima gmn?trus ternak kambing apa gak berisik soalnya rumahku deket ma tetangga,trus baunya gmn? halaman belakang pas pasan kasih solusi ya mas. makasih wasalamualikum

22 11 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warahmatullah, salam kenal mas dwi. Kalau kambing khusus pedaging yang terbaik menurut saya adalah jenis kambing Boer, namun belum bisa diperoleh dengan mudah di Indonesia. Kambing jenis peranakan etawa menurut saya juga cukup bagus, dan memiliki dwi guna. Sekali lagi saya tidak anjurkan sepenuhnya karena saat ini menurut saya harga kambing PE terlampau tinggi. Mungkin mas dwi bisa coba dengan silangan PE-kacang, atau jenis jawa randu, harga relativ lebih meurah dengan ukuran kambing lumayan gede. Bibit bisa kami sediakan plus pengirimannya, mengenai harga dan biaya pengiriman nanti bisa kita bicarakan lagi mas.
Idealnya kalau beternak sekala agak banyak jangan menyatu dengan tempat tinggal. Bau dan berisik suara ternak adalah hal lumrah dan menjadi resiko jika peternakannya dekat dengan tempat tinggal mas:) Jadi, tergantung jumlah ternak yang akan dipelihara mas, kalau lebih dari 10 ekor sebaiknya mencari lahan diluar tempat tinggal anda. Salam Kandang Bambu:)

14 12 2009
adi

Salam kenal mas…
mau tanya kalau mau cari susu kambing dalam jumlah besar dimana ya?
yang stoknya lumayan besar?..mohon infonya..

15 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Adi, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Maaf mas adi, pengertian jumlah besar yang anda maksud kalau boleh saya tau berapa liter/hari? Salam kandang bambu:)

24 01 2010
bayu

Salam kenal mas Ariff………
Saya ingin konsultasi…untuk sementara sy masih tinggal di sby,rencana sy ingin usaha ternak kambing di daerah asal sy di blitar….idealnya untuk usaha ini berapa ekor….karena sy ingin mengantungkan perekonomian sy dengan usaha kambing ini…..
mohon saran dan infonya…..selamat pagi

24 01 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas bayu, bicara jumlah ideal relativ mas bayu. Sekarang tujuan anda beternak kambing perah atau penggemukan? Kalau penggemukan untuk memperoleh penghasilan 2 jtan/bln setidaknya anda perlu memelihara 100 ekor. Kalau kambing perah maka sebaiknya anda mulai dari 10-20 ekor betina dengan satu pejantan. Namun demikian saran saya, untuk perah lebih baik anda coba dulu 3-5ekor betina dengan satu pejantan standart kandang sebagai permulaan. Karena mengurus kambing perah lebih rumit dari penggemukan. Demikian seoga membantu, salam kandang bambu:)

1 02 2010
imam solihin

asslmualikm wrhmtllhiwbrktuh. salam kenal mas arief. saya imam peternak kambing PE ras TIBET di bandung.koleksi kmbing sy skrng ada 18 ekor.ds.Selacau kec Batujajar kab. bandung barat 081320775513. bbt kmbingPE sy dpt dr rekan (bngs cina=ko lili) yang mngimpor dari TIBET langsng, beliau S2 peternakan jerman. tp setahu sy kambing nya hmpr mirip PE indonesia. hanya perbedaab di bentuk telinga saja yang berukuran lbh besar panjang dan lebar,lebar telinga 15-20 cm tdk melipat, pjng 30cm bobot dws jntn mncpai >100kg btna 60-80 kg. smpai saat ini ras kmbing tibet d bdg msih asli, blm tercmpr kmbing lokal. kt rekan sy (ko lili) bliau mngimpor kmbing tibet krna hsl pnltian nya d jrman kwlts susu kmbing tibet lebih baik dr pd kmbing lainnya di dunia.trutama bg pengobatan. mas arif sy mo tanya nih apa perbdaan lainnya antra kmbing PE dn kmbing tibet? apkah btul omongan rekan sy itu? jzkllhkhair

1 02 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warahmatullohi wabarokatuh, salam kenal mas imam. Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog, mengenai kambing tibet tolong saya anda kirimkan foto kambing tibet punya mas imam. Insya Alloh setelah saya lihat fotonya, saya bisa kasi komentar. Sampai saat ini saya belum mengenal ada jenis kambing PE ras tibet. Saya memiliki foto kambing tibet (bukan PE ras Tibet), silahkan anda klik link dibawah ini untuk melihat gambarnya. kemudian silahkan mas imam lihat dan bandingkan. Salam kandang bambu:)

2 02 2010
cak nur

mas salam kenal,….sy pengin bgt jadi peternak yg menguntungkan….mohn sarannya ya….
wassallam

2 02 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal cak nur, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Saya doakan keinginan anda di ijabah Alloh, amin:) Mari kita sama-sama belajar dan berdiskusi di sini cak nur, salam kandang bambu:)

2 02 2010
uyunmuzizah

salam kenal mas arief,,saya mau nanya apakah kambing etawa kalau bunting muda bulunya suka agak rontok ya mas….waslm

3 02 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal ibu uyunmuzizah, saya tidak mengetahui secara pasti apakan kejadian rontok bulu berlaku terhadap semua induk yang sedang bunting. Namun demikian selama kerontokan tidak mengganggu (sedikit saja) menurut saya wajar bu. Mungkin hal tersebut terjadi akibat perubahan metabolisme tubuh induk selama masa bunting. Salam kandang bambu:)

6 02 2010
Ayub

Asslm…

Mas, kambing betina dara yg sudah berusia 1 th lebih (poel 2), jika tidak kunjung birahi.., apakah kambing ini ada kemungkinan mandul ? atau mungkin kambing ini mengalami birahi tenang ?? Mohon penjelasan & Cara mengatasi nya.
Terima kasih.

Wassalam

6 02 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, mas ayub coba anda perhatikan dan pastikan kambing tersebut kondisinya saat birahi. Secara teori harusnya kambing betina usia poel 2 sudah mengalami siklus birahi. Mungkin ada beberapa cara mengatasinya, salah satunya adalah dengan melakukan suntik hormon untuk singkronisasi birahi. Hal ini dilakukan untuk mengkondisikan betina agar segera mengalami birahi. Anda bisa peroleh hormon tersebut di toko-toko pakan dan obat-obatan ternak terdekat. Namun lebih dari itu sebaiknya anda periksakan ternak anda pada dokter hewan setempat agar tepat penanganannya, melalui hasil pemeriksaan yang cermat pula, salam kandang bambu:)

8 02 2010
Mutaji

Asalamu ‘alaikum,
Salam kenal mas, saya selalu kunjungi web kandang bambu lo… mas saya mau tanya saya punya calon pejantan sudah umur 1.5 th. tapi kok belum kelihatan birahi alias sama kambing betina dingin-dingin saja. bagaimana cara mengatsinya, harus dikasih makan apa atau obat apa. terima kasih mas atas jawabannya.

Wassalam,

9 02 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam mas Mutaji, terima kasih telah menjadi pengunjung setia kandang bambu weblog. Kejadian tersebut terus terang belum pernah kami alami, sebaiknya mas Mutaji menghubungi dokter hewan terdekat agar penyebabnya dapat diketahui dengan pasti.
Kami persilakan apabila kawan-kawan pengunjung kandang bambu weblog mengetahui cara penanganan pejantan yang seperti ini bisa membantu memberi saran. Salam kandang bambu:)

9 02 2010
Mutaji

Terima kasih jawabanny Mas…. saya agak bingung juga Mas kenapa sudah usia segitu kok belum birahi. atau belum waktunya Mas ?…….. O..ya Mas, kalo bisa artikel di webblog kandang bambu diupdate biar pengunjung tambah pengalaman dibidang ternak kambing etawa ini. terima kasih.

wassalam,

12 02 2010
Arief Rachman W.

Terimakasih atas saran dan kritikannya, kami upayakan untuk terus melakukan update artikel kandang bambu. Melihat usia kambing anda yang telah 15 bulan harusnya sudah masuk masa kawin mas. Salam kandang bambu:)

15 02 2010
Mutaji

Mas Arief… kambing saya dilututnya itu tiba-tiba ada benjolannya Mas… itu penyakit apa dan bagaimana cara mengobatinya, mhon jawaban kalau Mas Arief pernah kambingnya mengalami seperti itu. terima kasih

wassalam.

15 02 2010
Arief Rachman W.

Pak mutaji, kebetulan salah satu ternak saya pernah mengalami hal demikian. Benjolan tersebut biasanya berisi cairan atau bisa juga merupakan benjolan daging. Selama benjolan itu tidak membesar dan tidak mengganggu jalan kambing menurut saya tidak mengapa dibiarkan. Jika membesar dan mengakibatkan ternak kesulitan berjalan maka benjolan itu harus diangkat (dioperasi).
Jika pak muji tidak mampu melakukan sendiri, sebaiknya menghubungi dokter hewan terdekat atau minta tolong rekan peternak setempat yang berpengalaman. Demikian semoga bisa membantu, salam kandang bambu:)

16 02 2010
ade dewanto

mas arif rumah saya di Kediri mohon info alamat rekan peternak PE(etawa) yang di kediri atau yang dekat dengan kediri ( Blitar atau Tulungagung)

dan saya menyampaikan terima kasih atas respon anda kepada semua responden yang berdampak saya juga dapat belajar melalui tanya jawa tersebut

17 02 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Ade, jawaban atas pertanyaan anda telah saya kirimkan ke email anda. Semoga bisa membantu, salam kandang bambu:)

2 03 2010
Mutaji

Mas Arief…kalau pengobatan secara tradisional saya sudah baca semua di webblog ini, untuk menambah nafsu makan pada kambing yang secara disuntikan apa nama obatnya Mas… ?? dan dosisnya bagaimana. terima kasih atas jawabannya.

Wassalam.

4 03 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi pak mutaji, mohon maaf untuk obat penambah nafsu makan yang injeksi kami belum memiliki pengalaman dan belum pernah menggunakan. Jadi belum ada informasi yang bisa kami bagi tentang hal itu pak. Kami biasa memberikan penambah nafsu makan dengan merek “roboran”, bisa diperoleh di toko pakan ternak terdekat. Salam kandang bambu:)

19 03 2010
Mutaji

Jumpa lagi Mas Arief, mas kalau kambing yang warnanya kekuning kuningan, aslinya sebenarnya warnanya putih, tapi biar dikasih mandi dengan rinso pun tetap ndak mau putih, gimana mas cara mengatasinya, terima kasih atas jawabannya.7

Wassalam,

19 03 2010
Arief Rachman W.

Salam jumpa pak mutaji, warna kekuningan pada bulu kambing anda biasanya dikarenakan terlalu lama tidak dimandikan. Cipratan atau semprotan kencing kambing sering membuat bulu tampak seperti itu pak. Sebaiknya dimandikan pakai shampo saja, karena rinso terlalu keras reaksinya buat bulu ternak anda. Semakin sering anda mandikan (bersihkan), perlahan warna bulu ternak anda akan kembali putih seperti sediakala. Salam kandang bambu:)

23 03 2010
Mutaji

Jumpa lagi Mas Arief… smoga ndak bosan karena saya tanya melulu.. begini Mas… untuk mengatasi kambing yang congornya gatal-gatal apa obatnya. sudah saya coba obati dengan belerang yang ditumbuk dengan daun kelor dan dicampur oli bekas tapi juga belum sembuh, masalahnya setelah diolesi dijilati terus. mohon bantuanya Mas..
Terima kasih.

Wassalam,

24 03 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi pak mutaji, mungkin ternak anda terkena penyakit orf, sebaikya anda hubungi dokter hewan terdekat agar segera tertangani dan tidak menular ke ternak yang lain. Salam kandang bambu:)

12 04 2010
Mutaji

Jumpa lagi Mas Arief, smoga mas Arief tidak bosan… begini Mas untuk njamoni kambing pejantan setelah untuk mengawinkan apa Mas ? agar tetap fit.
Terima kasih Mas atas jawabanya.

Wassalam- Mutaji

15 04 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi pak mutaji, secara umum sebenarnya tidak selalu diperlukan pemberian jamu2 khusus, selama pemberian pakan sehari-hari memenuhi kebutuhan nutrisi pokok hariannya. Selain itu pengaturan selang mengawinkan juga diperlukan agar kambing pejantan anda selalu dalam kondisi fit. Namun jika anda tetap ingin memberikan “jamu”, berikan saja jenis makanan/minuman bernutrisi tinggi seperti madu bercampur kuning telur atau sejenisnya. Demikian semoga membantu, salam kandang bambu:)

19 04 2010
Esa

Mas . . Nama.q esa ,
aq kelas 2 di snakma sengkaling . Kmren bru knjungan k slah satu kndang bmbu . D kandang mas agus . .
Sya trtarik mas dg usha kambing perah PE . Aplgi masih jrang d geluti org . Sya mau tnya . .
-brapa harga indukan siap perah mas
-k0mp0sisi k0nsentrat yg bgus bgmana mas ?
-untk rumput jenis ap yg bgus ?
-harga susu.ny brapa ? Ap bisa kandang bmbu menampung susu dari sya (misalnya)

trima kasih bnyak

20 04 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal buat esa, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Tentang pemberian pakan untuk ternak kambing perah bisa esa baca melalui link berikut: https://kandangbambu.wordpress.com/2010/02/24/cara-pemberian-pakan-yang-efektif-pada-ternak-kambing-perah/
Harga indukan siap perah bervariasi esa, tergantung kualitas ternaknya. Jenis PE kaligesing kira-kira 2jtan keatas. Harga susu di tingkat pengecer 25-30 ribuan. Untuk susu, yang penting harus bisa menghasilkan kualitas yang bagus. Kalau kualitas susu jelek, tidak laku.
Kalau ada yang masih mau didiskusikan, tlp dan datang aja ke rumah. Salam kandang bambu:)

29 04 2010
idham

alhamdulillah mas kambing saya beranak dua pejantan semua kepala ada putihnya

30 04 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas idham, syukurlah sudah mendapat rejeki 2 cempe jantan. Warna jangan terlalu dipermasalahkan mas, yang penting rawat dengan baik, besarkan insya Alloh apapun itu tetap bernilai. Salam kandang bambu:)

3 05 2010
Mutaji

Assalamu ‘alaikum,
Jumpa dan jumpa lagi Mas Arief…. begini Mas.. obat untuk kambing yang sering batuk-batuk itu apa Mas ?… secara taradisional apa dan yang dijual dipasaran apa Mas ?.. terima kasih atas jawabannya, smoga Mas Arief tambah sukses, amin

Wassalam – Mutaji

5 05 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, senang membaca komentar anda lagi pak Mutaji. Batuk-batuknya sesekali atau tiap hari batuk-batuk terus pak? kalau sesekali setau saya masih normal, namun untuk pencegahan biasanya hindarkan kandang dari terpaan hawa dingin atau hembusan angin langsung. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kambing batuk pak, untuk memastikan penyebab pastinya sebaiknya dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan agar tidak terjadi salah pemberian obat. salam kandang bambu:)

17 05 2010
bayoe

salam kenal…… mas saya mo jual kambing jantan saya, rencana mo tak tukar sama betina . gmna carannya biar cpt dan aman ??

19 05 2010
Arief Rachman W.

Kalau mau jual cepat, biasanya peternak membawa ternak yang mau dijual ke pasar hewan terdekat mas bayu. Salam kandang bambu:)

30 05 2010
zulfikar(jombang)

salam kenal mas arief dan salam kandang bambu,
saya ternak kambing PE yang biasa2 pejantan2 untuk komsumsi pedaging, adakah metode atau tehnik pemberian pakan yang secara modern artinya ternaknya lebih dari 5 biji,ya bisa di beri rumput gajah atau pakan eksperiment yang untuk penggemukan,
info dan saran mas arief smoga bermanfaat ,amin

31 05 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Zulfikar, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Pemberian pakan untuk ternak kambing penggemukan (potong) biasanya menggunakan jenis pakan complete feed, bisa dibeli di toko pakan ternak dengan harga Rp. 1200-1400/kg. Teknik penggunaan complete feed sangat praktis dan efisien untuk pola penggemukan ternak jumlah besar. Merawat dan memberi makan menggunakan pakan komplit untuk 100-150 ekor kambing penggemukan, cukup dengan 1 orang pekerja. Complete feed merupakan jenis pakan kering buatan pabrik degan komposisi lengkap sehingga cukup untuk menggemukan kambing, meskipun tanpa diberi hijauan segar.
Mungkin mas Zulfikar bisa mencoba menerapkannya pada ternak anda, semoga berhasil. Demikian sedikit sharing dari saya, salam kandang bambu:)

3 06 2010
Mutaji

Mas Arief…jumpa lagi, agak lama saya tdk tanya sama mas Arief, tapi saya selalu kunjungi web kandang bambu lo…. begini mas.. apa benar kambing PE itu tidak baik kalau dikasih pakan daun coklat, padahal kambing saya suka sama daun coklat, mohon penjelasan apa dampak buruk dari daun coklat. terima kasih dan sukses selalu buat Mas Arief.

Wassalam, Mutaji

4 06 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi pak Mutaji, detil mengenai pengaruh buruk daun coklat bagi ternak kambing saya belum bisa memastikan 100%. Hanya saja pemberian limbah daun dan kulit coklat segar (tanpa proses lanjutan) memiliki pengaruh kurang baik bagi rumen. Hal ini disebabkan limbah cokelat mengandung Theobromine yang menyebabkan keracunan pada ternak. Theobromine ini diduga dapat menghambat pertumbuhan mikroba rumen ternak ruminansia, sehingga dapat menurunkan daya cerna. Meskipun kambing menyukai pemberian pakan ini, dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap pertumbuhan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Smith dan Adegbola (1982), yang menyebutkan bahwa kulit buah cokelat tanpa pengolahan yang diberikan bersama konsentrat pada 12 ekor sapi pedaging selama 84 hari, mengakibatkan penurunan berat badan di atas 40% meskipun konsumsinya meningkat.
Demikian sharing dari saya pak, semoga bermanfaat. Salam kandang bambu:)
Sumber bacaan: http://zonanugera.wordpress.com/2009/12/23/pengembangan-peternakan-terpadu-kambing-dan-cokelat-di-lampung-selatan/

4 06 2010
Mutaji

Terima kasih Mas atas sharingnya, semoga juga bermanfaat buat para pembaca yang lain. sukses buat mas Arief dan semoga ilmu yang diberikan pada saya dan juga para peternak yang lain jadi amal yang baik buat mas Arief. amin.

Wassalam-Mutaji

11 06 2010
Mutaji

Mas Arief,…… pernah nggak ada pengalaman bahwa kambing tiba tiba kakinya agak pincang ( digluk-digluk ) tapi diperiksa tida ada tanda2 luka atau bengkat. Mas mohon penjelasan apa kira2 penyebabnya dan bagaimana pengobatannya. terima kasih.

Wassalam-Mutaji

14 06 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi pak mutaji, mohon maaf responnya agak lama kemaren agak sibuk ngurus pelatihan. Kebetulan saya belum pernah punya pengalaman seperti itu. Kemungkinan penyebab bisa banyak faktor pak yang jelas harus diperiksa agar tepat analisanya. Bisa saja kambing tersebut mengalami kaku otot akibat kurang diumbar, atau bis ajuga kambing tersebut mengalami kondisi kurang kalsium. Usul saya sebaiknya diperiksakan pada dokter hewan terdekat agar diketahui pasti penyebabnya. Salam kandang bambu:)

13 06 2010
endy Gunardy

assalamualaikum warrah matullah hi wabarakaatuh….

saya sudah mengujungi Blog anda dan saya membaca semua komentar dari teman teman pengujung..,saya sangat tertarik sekali ingin mulai beternak Kambing Jenis Etawa..tapi sekarang saya berada di Lombok.bagaimanakah caranya supaya saya bisa dan mendapatkan Bibit jenis Etawa karena saya sangat tertarik ingin belajar dan memulai kambing Etawa khususnya untuk di Ambil susunya

Dan saya juga membaca dan melihat bahwa anda juga memberikan pelatihan..tetapi saya sudah terlambat untuk megikutinya..jadi yang saya mau Tanyakan…kapan Anda akan melakukan Pelatihan lagi sehingga saya bisa belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat

dengan segala rendah hati dan berkenan silahkan Bp.Arif mengabari saya dengan Mengirimi Email Kepada saya yang ada di atas kapankah pelatihan selanjutnya…akan di adakan

Atas segalanya saya haturkan terima kasih yang sebanyak banyaknya

endy.gunardy@gmail,com

14 06 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warahmatullahi wabarokatuh. Salam kenal pak Endy, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Kemungkinan hingga saat ini ketersediaan bibit kambing PE belum bisa anda dapatkan didaerah Lombok sehingga mungkin anda harus mendatangkan dari jawa. Mengenai pelatihan, insya Alloh kami adakan berkala, info pelatihan selalu kami tayangkan di weblog kandang bambu. Insya Alloh nanti kami kirimkan informasi pelatihan periode selanjutnya ke email bapak, salam kandang bambu:)

26 06 2010
Mutaji

Mas Arief,…. saya pernah dengar kambing kena penyakit tetanus pada induk maupun cemple yang kebanyakan kambing jadi mati. menurut pengalaman Mas Arief apa penyebabnya dan bagaimana antisipasi dan pananganannya. katanya bisa juga penyebabnya melalui tali pusar cempe yang baru dilahirkan, apakah perlu diberikan betadin atau alkohol pada tali pusar cemple ? mohon penjelasan Mas….
Terima kasih.

Wassalam- Mutaji

28 06 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi pak mutaji, mengenai penyakit tetanus memang jamak menyerang ternak kambing, pada banyak kasus menyerang cempe terutama yang baru beberapa hari lahir. Penyebabnya setau saya adalah jenis bakteri, cara antisipasi adalah dengan penanganan pasca kelahiran dengan benar. Segera beri betadine atau jenis iodine pada pusar bayi begitu lahir, kalu bisa diikat dekat pangkal pusarnya. Secara lebih jelas adalah sebagai berikut:
Infeksi puser adalah radang yang terjadi setelah puser dipotong ketika anak
dilahirkan.
Penyebab : bakteri
Umur yang peka diserang : cempe
Gejala-gejala : Puser membengkak, napsu makan turun, kadang-kadang disertai
kejang-kejang
Pencegahan :
Setelah dilahirkan, tali puser cempe segera direndam/ dicelup dengan
larutan jodium tinture 10 %
Saintasi kandang yang baik
Pengobatan :
Injeksi dengan antibiotika spektrum luas
Puser dibersihkan dengan lurutan antiseptika, jika puser bernanah maka
nanah harus dikeluarkan dan diinjeksi dengan penicillin pada daerah
puser
Beri multivitamin
Demikian semoga bermanfaat, salam kandang bambu:)

30 06 2010
Susanto

Ass..mas arief, salam kenal. Saya tertarik dengan usaha peternakan PE, bisa tidak minta bimbingan mas Arief langsung biar tidak trial and error. Sekarang maih nguli di Qatar. Rencana nanti kalau pulang kampung pengen kayak mas Arief..Bagus lagi kalau kandang bambu buka kerjasama investasi mas seperti jonggol farm. Matur suwun

30 06 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal mas Susanto, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Silahkan mas, saya siap bantu sepanjang saya mampu. Tentang kerjasama investasi sedang kami konsep agar tepat bentuk kerjasamanya. Salam kandang bambu:)

5 07 2010
bagas

salam kenal pak arif… saya bagas dari pati… saya mau tanya bagaimana cara mengobati atau mencegah kambing majer atau mandul… kambing saya di rumah ada 8 ekor… 2 betina sisanya cempe… tapi betina yang satu atau yang terbaik mandul… bagaimana cara mengatasinya… kambing tersebut sudah beranak 1 kali seharusnya tanggal ini 8072010 kambing tersebut sudah beranak tapi kok malah seperti itu… terima kasih atas jawabannya saya tunggu di email saya

6 07 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas bagas, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Kambing susah bunting banyak sebabnya mas, salah satunya adalah over weight alias kegemukan atau bisa juga sebaliknya yaitu terlalu kurus (kurang nutrisi). Jika penyebabnya adalah seperti yang saya sebutkan, biasanya peternak melakukan terapi diet khusus untuk menormalkan bobot badan induk tersebut. Bisa juga terjadi trauma pada induk tersebut akibat salah penanganan atau cedera pada proses persalinan sebelumnya, sehingga hal tersebut memicu kesulitan bunting pada siklus kawin berikutnya. Sebaiknya agar lebih akurat, anda periksakan pada dokter hewan setempat agar diobservasi kondisi ternaknya, sehingga dalam penanganan induk kambing anda tersebut tidak dilakukan dengan menebak-nebak. Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan, mungkin kawan-kawan pemirsa kandang bambu bisa juga memberikan sharing pengalaman untuk kasusnya mas bagas tersebut. Salam kandang bambu:)

6 07 2010
Nizar

Salam kenal mas arief, saya nizar dari cilacap. Saya hobi terhadap ternak apa saja sejak kecil, lebih lagi terhadap kambing. Sejak 4 tahun yang lalu saya seriusi hobi saya terhadap kambing dengan memelihara 10 ekor induk PE dan satu pejantan. Arah saya sedari awal adalah untuk diperah susunya, sehingga saya tidak terlalu peduli dengan bentuk dan warna. Asal susunya bagus saya pelihara. sejak dua tahun yang lalu saya coba silangkan kambing saanen dengan PE, hasilnya ternyata produksi susunya lebih bagus daripada PE. Disamping produksinya banyak dan relatif stabil, rasanya juga enak sama seperti susu kambing PE. Mungkin perlu juga digiatkan penyilangan kedua jenis ini bagi peternak-peternak yang serius ingin berkecimpung di produksi susu mas. Hanya saja penyilangan ini memiliki dampak terhadap harga jual anakan jantannya yang cuma bisa dihitung sebagai pedaging. Karena kalo dihitung sebagai saanen juga tidak diakui dan dibilang etawa juga bukan. Tapi gak ada salahnya kandang bambu mencoba silangkan beberapa ekor PE dengan saanen untuk mendapatkan susu yang lebih optimal. Oh iya mas, saya ada rencana ke malang mo liat-liat kambing boer di unibraw. Insya Allah kalo jadi ke malang saya pengin mampir juga ke kandang bambu biar bisa kenal lebih dekat.

6 07 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas nizar, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Proses penyilangan antara pejantan sanen dengan betina PE sehingga menghasilkan silangan baru dengan kualitas produksi susu yang lebih baik, sangat saya apresiasi. Hal yang sama telah dilakukan salah satu peternak di bogor yaitu sersan bangun beberapa tahun yang lalu, dan memang terbukti f2 nya menghasilkan produksi 3ltr susu/hari (diperah pagi 1,8lt dan sore 1,2 ltr). Kisah sukses pak bangun pernah saya liput dalam artikel kandang bambu edisi november 2009, berikut link artikel tersebut: https://kandangbambu.wordpress.com/2009/11/11/liputan-kandang-bambu-goes-to-bogor-gadokcijeruk/#more-440
Silahkan mampir jika mas Nizar berkunjung ke Malang, sekalian saya perkenalkan dengan peternak mitra kandang bambu. Salam kandang bambu:)

10 07 2010
Mutaji

Jumpa lagi Mas Arief…… setelah menunggu sekian lama Alhamdulillah pada tgl. 07 juli kemarin kambing saya melahirkan seekor anak jantan. sebagai pemula saya sangat senang sekali, dan begitu senangnya saya ingin mengirimkan foto anak kambing saya tsb kepada Mas Arief yang telah banyak memberikan saran kepada saya. Kalau saya kirim foto tsb dimana Mas … ? agar teman2 pemula lebih terpacu.

Wassalam- Mutaji

10 07 2010
Arief Rachman W.

Salam jumpa pak Mutaji, selamat atas kelahiran cempenya. Silahkan jika ingin berbagi kebahagiaan dengan mengirim foto kambing kecil anda, silahkan mengirim via email: kandangbambu@gmail.com. Salam kandang bambu:)

14 07 2010
Mutaji

Mas Arief Yth, kambing saya secara tiba2 susah berdiri, kelihatannya berat mau berdiri, dia makan dan minum sambil tidur bahkan kencing dan berak juga sambil tidur. ini kenapa Mas… kena penyakit apa dan bagaimana penangananya. mohon jawaban mungkin Mas Arief ada pengalaman kambing yang begini. Terima kasih.

Wassalam-Mutaji

16 07 2010
Arief Rachman W.

Pak Mutaji, mohon maaf tidak dapat merespon komentar bapak dengan cepat. Kebetulan sejak tanggal 14 saya harus keluar kota, sehingga baru saat ini berkesempatan merespon problem anda. Kambing bapak jantan atau betina? Kasus seperti yang anda alami kerap terjadi pada betina atau indukan yang hamil tua atau sedang laktasi. Ketidakmampuan untuk berdiri (roboh) salah satu sebab yang sering terjadi adalah akibat kekurangan kalsium, jika itu yang terjadi perbaiki kualitas pakan yang pak Mutaji berikan, tambahkan kalsium secara rutin. Namun jika kondisinya parah, segera hubungi dokter hewan untuk dilakukan “infus” kalsium, hal tersebut biasanya cepat memulihkan kondisi ternak hingga bisa segera berdiri normal lagi. Demikian sharing dari saya pak, mudah2han bermanfaat, sekali lagi mohon maaf karena agak lama meresponya. Salam kandang bambu:)

19 07 2010
Mutaji

Betul Mas…kambing saya betina hamil tua, jadi saya kwatir sekali. terima kasih sarannya dan alhamdulillah sekarang sudah mulai pulih, O ya Mas..saya kirim foto cempe saya lewat email:kandangbambu@gmail.com. calon pejantan dengan deker muka belakang lengkap, telinga panjang melipat serta gambar AS waru ireng tepat di punggungnya, mohon komentarnya Mas….

Terima kasih-Mutaji

26 07 2010
Mutaji

Mas Arief….. katanya foto cempe saya mau diupload di kandang bambu…… saya tunggu lo Mas….

Terima kasih _ Mutaji

27 07 2010
Arief Rachman W.

Sudah Bapak, silahkan dinikmati foto2 cempe anda. Salam kandang bambu:)

27 07 2010
Mutaji

Terima kasih banyak kepada Mas Arief, saya senang sekali foto cempe saya sudah diupload. pokoknya jan terima kasih tenan Mas…..

Wassalam_Mutaji

27 07 2010
ifud

assalamualaikum mas arif

mas mau tanya, kalau mau beli kambing boer di malang dimana ya mas?
makasih

29 07 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Ifud, terimakasih telah mengnjungi kandang bambu weblog. Sepengetahuan saya ada satu farm di daerah malang timur (tumpang) mas, jika anda memerlukan saya bisa bantu fasilitasi. Langsung saja kontak saya di 081334612246, Jika semen anda bisa beli di lab fapet brawijaya, desa sumbersekar dau. Salam kandang bambu:)

1 08 2010
Hari Tyo

Salam Kenal Mas Arif,
Sdh lama saya tau tentang blog ini, tp baru sekrang saya bisa koment.
Saya domisili di Dusun Ngrangin-Desa Sumber Pasir Kec.Pakis
Saya baru belajar berternak PE, awalnya anakan 3 ekor sekrang berkembang biak bertambah 4 ekor (1 pejantan, 6 betina). Tujuan kedepan adalah pengembangbiakan PE dan pengadaan susu. Jika Maz Arif tdk keberatan, mohon bimbingannya syukur-syukur dapat menjalin kerjasama.
Sementara cukup perkenalan dari saya, terima kasih atas perhatiannya.

2 08 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Hari, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Senang berkenalan dengan anda, apa lagi domisili kita berdekatan. Silahkan dan senang apabila bisa berdiskusi dan sharing pengalaman dengan mas Hari, saya anjurkan agar anda bergabung juga di Asosiasi Peternak kambing PErah Malang Raya. Anda bisa menghubungi mas Andi Pakis, dari kelompok ternak BROMO jika ingin bergabung Asosiasi. Demikian, tetap semangat dan majulah peternak Indonesia, salam kandang bambu:)

1 09 2010
ali

salam kenal mas arif.
mas arief obatnya kambing gatel alis gudik apa yaw mas….mohon sarannya mas..mator nuwun sak derenge…

16 09 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Ali, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Gudik atau scarbies bisa diatasi dengan obat tradisional ataupun obat medis. Pengobatan tradisional bisa menggunakan blerang yang dihaluskan dicamour kunyit dan minyak kelapa, dipanaskan dan dioleskan pada kulit yang sakit.
Pengobatan medis dengan diberi ivermectin dengan cara disuntikan secara sub kutan (dibawah kulit). Demikian semoga bermanfaat, salam kandang bambuπŸ™‚

27 09 2010
emir tamtomo

assalaamua’laikum mas arief, salam kenal…
Saya ingin belajar berternak kambing PE, mau tanya apakah ada persyaratan iklim tertentu yang harus sesuai untuk peternakan kambing PE. Kalau disekitar Jakarta/Tangerang apakah iklimnya cocok untuk peternakan Kambing PE. Saya tinggal di daerah Tangerang Selatan kalau memang cocok ingin mengembangkan peternakan kambing PE di sekitar Tangerang. Sejak kecil saya suka berternak tapi tidak sampai skala usaha. Saya sudah lama mempelajari tentang Kambing PE tapi belum berani memulai usaha ini karena belum yakin dapat pasar yang baik. Saya pernah membaca Malaysia banyak memesan kambing PE dari Indonesia, apa kita memang sudah banyak mengekspor kambing PE kesana ? Demikian surat saya, atas perhatian mas Arief saya ucapakan terimakasih.
Wassalaamula’laikum.
Emir Tamtomo – Tangerang Selatan.

27 09 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warohmatullohi wabarokatuh, salam kenal mas Emir. Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Sepanjang yang saya pahami, jenis kambing PE relatif mampu menyesuaikan dengan kondisi iklim dataran tinggi atau rendah. Daya adaptasinya bagus mas, hanya saja yang harus diperhatikan adalah ketersediaan pakan hijauan dan pengenalan (penyesuaian) jenis hijauan baru yang dimakan. Kambing PE Indonesia sudah banyak dieksport ke Malaysia, bahkan saat ini proses eksport diawasi dengan ketat oleh dinas terkait untuk melindungi kelestarian bibit ternak unggul Indonesia. Demikian info dari kami mas, salam kandang bambuπŸ™‚

30 09 2010
Hendra

Assalamu’alaikum…. Mas Arief… sekedar informasi aja Mas…. di situbondo rencananya tanggal 13-14 oktober bulan depan ada kontes ternak… barang kali pas lewat situbondo monggo mampir… lokasinya di eks markas 514 atau kontak saya di no 085859559555 biar saya bisa nemenin jenengan…. oh nggih Mas… kalau gak keberatan saya minta tolong dikirimi gambar stok kambing calon pejantan dan indukan dikandang Mas Arief di Malang ke e-mail mne_yara@yahoo.com matur nuwun Mas…

4 10 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, terimakasih info dan kunjungannya ke kandang bambu weblog mas Hendra. Maaf untuk sementara kami belum ada stok pejantan dan indukan yang dijual, salam kandang bambuπŸ™‚

22 10 2010
ermanto

assalamu ‘alaikum mas arief, sara tinggal di kudus. saya suka sekali beternak PE, saya baru punya 3 ekor mas, rencana punya 10 ekor. saya fokus ke pembibitan saja. doakan semoga berhasil ya mas.

3 11 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal pak Ermanto. Terimakasih telah mengunjungi weblog kandang bambu, Insya Alloh dengan niat kuat, keseriusan dan doa usaha anda akan berjalan baik. Salam kandang bambuπŸ™‚

23 10 2010
waluyo

assalamualaikum,mas setelah kambing diperah apa susunya bisa langsung diminum tanpa di masak? seperti rosullulloh minum perahan susu kambing. dan apa bisa langsung dikemas plastik untuk disimpan di freezer untuk diminum lain waktu.kalau mesti beli mesin pasteurisasi kayaknya mahal. makasih sarannya mas.

3 11 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal pak Waluyo, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Susu insya Alloh bisa langsung diminum sesaat setelah diperah dengan syarat tata laksana dan alat pemerahan higienis. Namun jika ragu2 dengan prosesnya, dianjurkan melakukan proses pasteurisasi sederhana dengan panci dobel diatas api sedang selama kurang lebih 2 menit. Salam kandang bambuπŸ™‚

8 11 2010
Etawa Semeru

Assalamu’alaikum wr. wb.
Apakabarnya Mas Arief, Mas Wawan beserta Kru Kandang Bambu Management yang lain,,trimakasih atas sharing dan fasilitasinya selama ini utamanya kepada peserta PKM 2010,,,alhamdulillah kt mulai merintis blog untuk sharing tentang program wirausaha kambing PE di kelompok dampingan di Lumajang,,,ya harap maklum masih newbie jadi mohon arahan dan masukannya
Berikut blognya : etawa semeru dengan URL http://etawasemeru.blogspot.com

kt jg menautkan kandang bambu diblog tsb smoga sharing ini bs berlanjut dan bisa terbangung networking yg membawa kemaslahatan bersama utamanya bagi kesejahteraan petani dan peternak yang kita dampingi

salam semangat dan makasih atas sharingnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

16 11 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warahmatullohi wabarokatuh. Alhamdulillah kabar baik mas, terimakasih juga atas kepercayaan rekan-rekan YPKGM pada kami. Blog yang bagus dan cukup menarik, maju terus dan tetap semangat bagi peternak lereng semeru. Kami siap membantu sejauh kemampuan kami, salam kandang bambuπŸ™‚

21 11 2010
risqi

salam kenal mas……aq risqi di malang
pingin gabung dengan teman2 komonitas etawa

22 11 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Risqi, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Silahkan bergabung dan berinteraksi dengan kawan peternak kambing PE, salam kandang bambuπŸ™‚

14 11 2010
mustofa

Salam kenal mas arif…kira2 tgl 20s/d25 ada waktu di malang gak?soalnya saya mau main ke kandang bambu.suwon

16 11 2010
Arief Rachman W.

Silahkan kontak saya via sms/tlp 1 atau 2 hari sebelumnya. Jika tidak ada acara luar kota, insya Alloh saya bisa menemani anda. Salam kadang bambuπŸ™‚

21 11 2010
risqi

mas arif….boleh egk saya main-main ke kandang bambu…..

22 11 2010
Arief Rachman W.

Silahkan mas, bisa hubungi saya di 081334612246. salam kandang bambuπŸ™‚

2 12 2010
Nanang

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam kenal mas dari Nanang Kurniawan tinggal di Tomang Jakarta Barat. Aku mau coba ikut dalam kegiatan penggemukan kambing. Ada info mas kapan kiranya Bamboo Ranch mengadakan pelatihan penggemukan kambing?
Kirimi aku infonya di email. atau sms aku di 085711812387 ya mas
Terima kasih infonya.
Semoga sukses terus buat Kandang Bambu

2 12 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam. Salam kenal mas Nanang, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Insya Alloh akan kita buat pelatihan kambing pedaging segera, info akan kami tampilkan di blog ini dan insya ALloh anda akan kami kontak. Salam kandang bambuπŸ™‚

17 12 2010
Herly

Salam kenal mas Arif. Blog tanya jawab ini sangat informatif dan solutif hingga saya dokumentasikan dan cetak utk keperluan teman2 yang baru akan memulai usaha ternak kambing etawa di Ngawi (belum saya sebarkan menunggu ijin mas Arif). Mohon informasi berkaitan dengan harga kambing etawa kepala hitam yg akan diambil susunya, apakah berlaku model grading ABC atau model laktasi 123 atau lainnya. Kemudian apakah membeli kambing etawa dalam keadaan hamil lebih beresiko (resiko perjalanan, resiko pejantan asal2an, resiko lain??) daripada betina siap kawin?? Berapa selisih harga betina hamil dan belum hamil. Terimakasih banget mas Arif.

20 12 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Herly, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Silahkan dimanfaatkan dengan menuliskan sumber tulisannya, alhamdulillah jika bisa bermanfaat untuk peternak kecil. Kambing kepa hitam tetap ada gradenya mas, biasanya harga sedikit lebih mahal dikarenakan lebih disukai pembeli. Resiko induk bunting seperti yang anda sebutkan bisa saja terjadi, apalagi jika membelinya di pasar tanpa tahu pejantannya. Salam kandang bambuπŸ™‚

21 12 2010
DIDIK HARISTIAN SUBAGYO

Salam kenal mas Arif.
Saya peternak broiler dari Ponorogo yang ingin mengembangkan usaha di bidang budidaya kambing boer, tetapi saya terlambat mampir di webblog nya mas Arif. Padahal saya ingin sekali mengikuti pelatihan IB yang mas arif selenggarakan. Kapan ada lagi pelatihanny? Saya tunggu beritanya. Makasih.

21 12 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Didik, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Tenang saja mas, pelatihan IB akan diadakan lagi sekitar minggu ke 3 atau 4 bulan Januari 2011. Informasi detil akan di upload via kandang bambu weblog dan FB kandang bambu, terimakasih. Salam kandang bambuπŸ™‚

14 01 2011
sigit

Mas Didik,
Salam Jumpa !!
Sy sebenarnya sdh lama mencari Mas Didik yang mungkin sdh lebih dari 15 tahun tdk bertemu. Nah, ketika sy masukkan nama Mas Didik di google kok muncul di blog mas Arief. Alhamdulillah.
Mhn kiranya nanti bs menghubungi saya di 081585354000 atau di FB jg ada.
Salam saya dan tetap semangat.
Wassalam,
Sigit A. Iriantoro
Jakarta Utara

24 12 2010
hendra gunawan

mas arief kemaren saya kira dah g’ kumanan lagi untuk ikutan kursus IB kambing…
mas untuk informasinya dan persyaratan apan yang diperlukan bisa dikirimin saya yang detail ya mas…. ke email saya….azizalfatah_hendguns@yahoo.co.id
salam kenal mas

27 12 2010
Arief Rachman W.

Tenang masw Hendra, bulan januari 2011 kami akan melakukan pelatihan selanjutnya. Silahkan jika ingin mengikuti, info akan kami tampilkan di weblog kandang bambu dan juga FB kandang bambu. Salam kandang bambuπŸ™‚

31 12 2010
yanuar

mas arif apa setelah ikut pelatihan peserta boleh magang di kandang bambu??? biaya magang apa sudah termasuk biaya pelatihan?? ATAu gimana?? mas kira2 ada pelatihan bulan apa ya……di tahun 2011???????

6 01 2011
ikhsanudin

Ass wr wb.
Mas Arif salam kenal.
nama saya Ikhsan, saya berdomisili di prm pondok alam sigura gura.
boleh kah saya bertantang ke rumah sampean untuk minta advice tentang perkambingan.

wassalam

ikhsan

20 01 2011
wenny

Ass,
Saya mau nanya kalau njenengan ada kontaknya Bp. drh. Zainul Muslimin peternak kambing etawa perah yang tinggal di Srengat Blitar, mungkin infonya bisa di sms ke hp saya 081331468109
Terima kasih banyak….

27 01 2011
danang r

Asswrwb Mas Arief R yth
mas saya di Jakarta , Pensiunan, saya tertarik dan ingin memulai usaha ternak kambing etawa, untuk itu ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan al :
1. Lokasi yang cocok (dataran tinggi atau rendah) dan luas lahan yang diperlukan
untuk memulai usaha ini.
2. berapa ekor bibit kambing utk pertama kali harus disediakan ( minimum), yang
umurnya berapa. berapa jantan dan berapa betina ?
3. kira2 berapa total biaya investasi untuk memulai ; untuk beli kambing dan
membangun kandang (apabila ada contoh cashflow dari awal sampai ternak
menghasilkan.
4. Apakah untuk membangun kandang yg baik bisa mendapatkan panduan atau
petunjuknya.
5. berapa orang tenaga kerja yang diperlukan untuk menangani usaha ini.
6. bagaimana dengan pemenuhan kebutuhan pakan, apakah di kandang bambu
juga menjual bibit tumbuhan/rumput utk pakan kambing tsb.
7. bagaimana dengan pengelolaan limbah padat dan cairnya.
8, Penyakit apa saja yang kerap ada pada ternak kambing dan bagaimana cara
pencegahan dan pengobatannya.
9. untuk memulai usaha ternak ini saya mohon masukan dan bimbingannya.
10. apakah ada pelatihan bagi calon peternak atau peternak pemula? bila ada
kapan waktunya dan berapa biayanya.
terima kasih atas perhatiannya dan saya nanti jawabannya
wasalam
Danang R

31 01 2011
fiqhan

mas! saya punya kambing dara umur 13 bulan, tapi kok gak pernah mennunjukan sifat birahi? apakah kambing saya majer, kalau dipaksakan kawin gimana hasilnya? perlu diketahui kambing saya semuanya perempuan. trimaksih

2 02 2011
sukri

mas,kenapa kambing bisa jadi mandul?apa bisa kambing yang mandul bisa drubah mjd tdk mandul n bisa beranak?

2 02 2011
sukri

busa ngak saya konsultasi ttg masalah kambing lewat telp?

5 03 2011
ADI LAKSMENA

mas arief,
mau nanya,apa betul daun nangka mempengaruhi produksi susu kambing yang sedang
laktasi,soalnya kambing saya awalnya produksi susu bagus,setelah satu minggu saya perah,sekarang ambingnya kempes.kata petani tradisional krn saya kasih makan daun nangka.terima kasih ebelumnya.

21 03 2011
Arief Rachman W.

Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog mas Adi, memang ada statement dari beberapa kawan peternak bahwa daun nangka bisa mempengaruhi produksi susu kambing yang sedang laktasi. Namun demikian saya sendiri belum pernah membuktikan kebenarannya, dan mestinya tidak akan sampai membikin ambing ternak laktasi jadi kempes. Kalau sampai seperti punya anda, dugaan saya asupan jumlah pakan dan kualitas nutrisi yang diberikan belum cukup sehingga mengakibatkan produksi susu tidak banyak. Demikian semoga bermanfaat, salam kandang bambuπŸ™‚

18 03 2011
daniel

mas? numpang tanya?
gimana si cara membedakan kambing mandul? (ciri2)
usia berapa untuk kambing siap kawin dan ciri2nya seperti apa ya??
makasi banyak..

21 03 2011
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Daniel, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Ciri yang tampak pada kambing betina mandul adalah susah birahi atau siklus birahinya tdak normal, sedangkan ciri yang lain agak sulit diketahui karena bersifaat kelainan organ reproduksi yang tidak kasat mata. Kambing mengalami birahi sejak usia kira-kira 6-7 bulanan, bahkan ada yang dibawah itu sudah minta dikawinkan (birahi). Ciri umumnya adalah nafsu makan berkurang, mengembik embik, ekor mengibas-kibas, kelamin memerah dan sedikit berlendir. Salam kandang bambuπŸ™‚

21 04 2011
muslim

mas tolong doong segera ini kolom “koleksi kami”
dan itu kambing yang dijual. Tank’s

24 04 2011
toriq al jihad

asallamualakum wr wb.mf tn rmh.mau tanya bagaimana dampak ternak kambing yg di beri makanan tambahan berupa bekatul.sekian dan trims.

25 04 2011
Wahyudi Surinto

Assalamualaikum
salam kenal mas saya wahyu
saya tertarik sekali dengan bidang ini tapi saya masih belum tahu apa apa
bolehkah saya bermain ke rumah mas arif buat sharing lebih lengkap tentang pengembangan ternak kambing etawa ini?

Terima Kasih,
wassalamualaikum

17 05 2011
muhamad husen

sal kenal dari saya muhamad husein petrnak pemula di depok. ada yang sya mau tanyakan apa sebabnya kambing yg lhir tdk mengeluarkan susu

2 06 2011
yudi clp 085227466124

salam kenal dari saya pengasuh panti asuhan di cilacap, yg sedang belajar beternak kambing PE, oh ya brgx ada dr rekan2 peternak yg mau menjual etawa pejantan kisaran 1,5 jt’an ( untuk pemacek ) bs kbari sy lingkup jateng/ karasidenan banyumas

5 07 2011
fiqhan

mas! saya mau tanya, saya punya kambing dara umur 6 bulan, kata teman2 saya kambing tersebut hamil, memang kambing saya sering “nyerobot” kendang pejantan. kalaupun hamil, apakah kambing tsb tidak apa2, bagaimana kondisi anaknya kelak?trims

9 08 2011
Yusuf Rasyad

Aswrwb. Mas Arief, kenalkan, saya Yusuf dari Tangerang, Banten. Apakah Mas masih tinggal di Joyo Suko Metro2 belakang UIN Malang (sesuai info dalam salah satu balasan komen Mas diatas)? Mohon alamat lengkapnya, Mas.

Saya tertarik untuk memulai beternak kambing Etawa/ Peranakan Etawa, kapan2 sy mau datang ke tempat Mas utk silaturahim, & juga dikenalkan dgn paguyuban nya. Saya ingin dengar pengalaman2 Mas dan rekan2 disana, boleh ya? Apakah di bulan September/Oktober 2011 ini Mas ada di Malang?

Trm ksh banyak sebelumnya. Wass.

7 11 2011
Cak tubi

Pak bos, kita mau tanya. Penyebab kambing dan domba mandul, ciri kambing dan domba mandul dan cara mengatasinya.? Matursuwun

12 11 2011
perambahanr6

aslmlkm mas .lam knl saya dri riau.saya udh mulai usha kmbng januari lalu.tpi kmbng saya mungkn blm berkualitas unggul.soalnya telinga indkan saya pjng tpi msh tebal .penjntn agak lumayan bgs.soalnya d riau agak susah nyari bibit unggul.gmna saya dpkn bibit unggl dri mas.mhn sarannya mas.waslm.amril

16 11 2011
munajat

Salam mas Arif..
Saya membeli kambing betina sudah poel 2 tapi belum pernah bunting. Setelah saya pelihara kurang lebih satu minggu kambing betina tersebut saya kawinkan karena birahi. Yang mau saya tanyakan apakah kemungkinan kambing saya tersebut hamil karena sudah 1bulan lebih tidak birahi lagi? Tapi ambing susunya kok masih kecil.
Yang ke 2, apakah kambing betina yang mandul juga mengalami birahi seperti kambing betina pada umumnya?
Sebelumnya saya ucapkan Terimakasih atas penjelasannya mas..

30 11 2011
rudi

SALAM PETERNAKAN
maaf sebelumnya .
salam kenal saya rudi mahasiswa peternakan di universitas djuanda bogor.
mas saya boleh lihat skema atau tata letak kandang yang mas arief buat/punya gk?
misal mulai dari kandang induk, cempe, pemerahan, gudang sampai tempat peralatan.
saya berharap mas arief bisa membantu saya,,, soalnya untuk memenuhi tugas mata kuliah manajement ternak perah.

terimakasih banyak.

5 01 2012
Djuhartono

Kapan pelatihan kawin suntik ( IB ) pada kambing periode 2012 dilaksanakan lagi, tks.

11 01 2012
anto setiawan

Pak..saya anto..salam kenal…saya ingin tanya untuk pakan rumput yang dibutuhkan untuk PENGGEMUKAN 1 ekor domba tanpa bahan pakan tambahan…mksh sebelumny…

29 01 2012
ediewaluyo

salam kenal mas arif, saya dipurwodadi sudah lama ternak kambing jowo/krikil secara tradisional, ngerumput. Diwaktu kemarau saya kesulitan pakan, bagaimana solusinya?bagaimana cara pengolahan pakan dalam bentuk rumput kering yang simpel. Ditempat saya ada jerami padi, tebon jagung, batang kacang hijau, daun mahoni. Maksud saya apakah bisa kambing diberi pakan rumput kering terus menerus?

15 02 2012
Andrianto

Mau tanya tentang bagaimana cara menghilangkan bekas gudik pada kulit kambing

13 06 2012
bambangs setiawan

ass.salam knl p arif.saya bambang dari bantur malang.saya seorang pemula,gini kambing sy baru melahrkan umur 3 hr induknya kena mastitis.saya coba dg obat tradisional dn saya pnggilkan mantri hwn krn d sini tdk ada dokter hwn tp ttp smkin parah akhirnya mati,induknya meninggalkan 2 cempe sy kasih susu skim dn sekrng umurnya sudah 26 hr,entah bosan ato apa salah satu anknya mulai berkurang minum susunya ini knpa?terima kasih p arif

9 07 2012
chichi

salam kenal mas, aku ci2 di riau..
gini mas,kambing saya sepertinya udah memasuki masa persalinan, krna sudah 2 hri mengejn terus.. tapi smpai saat ini ketubannya belum pecah…
bagaimana mas solusinya?
apa nantinya akan berpengaruh terhadp cempe maupun induknyaa…???
terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: