Kunjungan Tim Kandang Bambu ke Sentra Peternakan Kambing PE, Sleman-Yogyakarta.

23 10 2009

CIMG6542Awal bulan oktober 2009, kami berkesempatan melakukan perjalanan ke Yogyakarta setelah sebelumnya menyelesaikan beberapa urusan di Semarang dan Salatiga. Kesempatan singkat tersebut kami gunakan untuk mengunjungi seorang kawan peternak yang kami kenal saat kontes di Blitar beberapa bulan sebelumnya, beliau adalah mbah Syambyah.

Berangkat ba’da dhuhur dari lokasi kami menginap, perjalanan mengunakan Suzuki APV bersama sepupu dan instri tercinta menyusuri ring road utara Yogyakarta kea rah jalan Magelang. Beberapa menit menyusuri jalan Magelang, sampailah kami disebuah jembatan sungai serayu (kalau tidak salah). Tempat tersebut sangat berkesan bagi saya karena terdapat penjual makanan yang dikenal dengan “brongkos”, tepat dibawah jembatan. Beberapa tahun yang lalu saya kerap mengunjungi tempat tersebut bersama teman-teman kuliah, untuk sekedar bercengkrama sambil “mengudap” brongkos nan lezat…:) Sungai dibawah jembatan tersebut juga pernah penulis lewati dalam kegiatan arung jeram bersama kawan-kawan seperjuangan di kampus.

Setelah sedikit melintasi jembatan, kami putar balik dan berbelok ke kiri menuju arah Turi-Sleman. Sepanjang jalan kami di “sapa” oleh lebatnya tanaman salak pondoh di kanan-kiri jalan. Kurang lebih 20 menit kami lalui, kendaraan terus melaju  kearah desa Nangring-Girikerto. Menyelesaikan beberapa jalan menanjak dan berkelok, sampailah kami di depan rumah mbah Syambyah. Alhamdulillah perjalanan kami lalui dengan lancar. Mengetok pintu sembari mengucap salam kami lakukan, sosok yang sangat familiar membukakan pintu, beliau mbah Syambyah.

Rupanya beliau sedikit lupa dengan saya, setelah saya perkenalkan diri dan mengingatkan saat sarasehan kontes Blitar, tawa dan keakraban langsung meluncur dari tutur kata mbah syambya “monggo mas Arief pinarak…” ucap beliau. Sedikit basa-basi dan nostalgia kisah di Blitar menjadi pembuka sua kami. Pembicaraan mengalir lancar dan gayeng, suguhan teh hangat ditemani emping belinjo, plus salak pondoh tersaji di depan kami.

CIMG6537Banyak cerita dan petuah terucap dari tutur si mbah, kisah tahun 1980an saat awal beliau merintis upaya pelestarian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat  hingga berbuah penghargaan dari Negara berupa KALPATARU tahun 2007, dengan runtut beliau ceritakan. Rasa bangga muncul dari kami untuk keiklasan, kerjakeras dan pengabdian puluhan tahun beliau. Sangat sulit menemukan sosok seperti itu saat ini, apalagi perubahan jaman telah mengarahkan manusia kearah lebih hedonis dan individualis.

Setelah cukup lama ngobrol, sampailah saat yang kami tunggu-tunggu yaitu mengunjungi kandang koleksi kambing peranakan etawa (PE) milik mbah Syambyah. Letaknya tidak jauh, cukup menyeberang jalan depan rumah, dibalik mushola terdapat kandang cukup besar ditengah-tengah kebun salak pondoh nan rindang. Saya langsung menuju kandang pejantan, ada dua ekor pejantan (menurut saya kategori super) yang beliau miliki. Postur keduanya sangat ideal dengan tinggi gumba lebih dari 100cm, begitu pula panjang badannya. Bentuk tulangan kokoh dan gagah dibalut badan kekar dan bulu lebat. Keistimewaan dua pejantan tersebut terletak pada panjang dan bentuk telinganya, melipat panjang khas ras kaligesing. Hanya saja, tidak saya temukan tekstur kepala yang unik (cembung-nyakil) dari kedua pejantan tersebut.

CIMG6547CIMG6571CIMG6581

 

 

 

 

 

Puas melihat pejantan, kami lanjutkan melihat koleksi betina dan cempe yang ada. Cukup variatif koleksi beliau, mulai kelas biasa hingga indukan super ada disana. Sembari terus melihat-lihat, mbah Syambyah menjelaskan den menjawab setiap hal yang kami tanyakan. Terus terang banyak ilmu bermanfaat kami peroleh, khususnya tentang kualitas dan teknis perawatan kambing PE.

CIMG6580CIMG6579CIMG6554

 

 

 

Tanpa terasa waktu berlalu menjelang senja, tiba waktu kami harus pamit karena bus malam yang akan mengantar kami kembali ke malang berangkat jam 19.00wib dari Yogyakarta menuju Malang. Beliau sempat menawari kami untuk menginap saja disana, dengan halus kami tolak karena waktu jadwal kepulangan yang telah kami atur sebelumnya tidak memungkinkan kami menambah waktu tinggal di Yogyakarta. Satu tas plastik besar salak pondoh beliau sertakan sebagai oleh-oleh, terimakasih dan kesan mendalam kami haturkan bersamaan keinginan untuk segera datang kembali, bersama rencana-rencana besar yang telah kami bicarakan sebelumnya.

CIMG6603

Saya pribadi menganjurkan bagi teman-teman peternak yang singgah di Yogyakarta untuk mampir dan melihat koleksi kambing PE mbah Syambyah. Insya Alloh tidak akan rugi dan memperoleh banyak manfaat. Salam kandang bambu:)


Aksi

Information

24 responses

30 11 2009
lilik

tlg informasi peternakan kambinh pe yang berda dekat dengan kota pekanbaru

1 12 2009
Arief Rachman W.

Pa lilik, lokasi peternakan seputaran kota pekan baru RIAU saya kurang faham. Namun saya memiliki kawan peternak di Medan, namanya pak ihsanudin sinaga. Mungkin anda bisa kontak dengan pak ihsanudin di: ihsanudin.sinaga@infomedia.web.id
Semoga bisa membantu, salam kandang bambu:)

17 12 2009
ismail

lo…itu keponakanku…ikut poto ma eyang kakung to…

22 12 2009
Arief Rachman W.

Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu wblog mas Ismail, salam kanang bambu:)

18 12 2009
Hapsoro Yusdi Ridwani

Sy mau tnya, utk pnjualan kmbing etawa di jogja dmn saja y?biasanya utk kmbing etawa yg sdh bs mnghasilkan susu berumur brp y?trims..mhn info dikirim via email hepzro@gmail.com

19 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas hapsoro, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Baik, jawaban saya kirim ke e-mail anda, salam kandang bambu:)

21 12 2009
ade rachman

Assalaamu’alaikum…
Mas, mau tanya, beli kambing PE ras senduro calon induk dan calon jantan di bogor dimana ya? Mau coba mulai ternak kambing PE nih.
Terimakasih sebelumnya.

22 12 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam bang ade, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Maaf bang ade, saya belum memiliki info tentang pertanyaan anda. Coba anda kunjungi Bangun Karso Farm milik sersan bangun di daerah Palasari-Cijeruk. Anda bisa lihat koleksi pak bangun dan bertanya banyak hal tentang kambing perah serta dimana memperoleh bibitnya. Semoga jawaban saya bisa membantu, salam kandang bambu:)

27 12 2009
may hendra saputra

Sy mau tnya, saya tinggal di cilacap jateng utk pnjualan kmbing etawa yang di dekat cilacap / jogja dmn saja ya? trus kisaran harganya berapa? biasanya utk kmbing etawa yg sdh bs mnghasilkan susu berumur brp y? trims..mhn info dikirim via email

28 12 2009
Arief Rachman W.

Terimakasih atas kunjunganya mas hendra, jawaban saya kirimkan ke email anda. Salam kandang bambu:)

29 12 2009
Jai Singh Yadav, Prof.

Saya sangat gembira bertemu dengan Bp. Arief. Saya sudah menelusuri website kandang bambu. Sangat luar biasa semangatnya!! Teruskan menyemangati generasi muda agar mencintai peternakan yang akan mendukung pertanian organik Indonesia. Peternakan yang menghasilkan susu memiliki nilai tambah (added value) yang luar biasa. Banyak anak-anak Indonesia umumnya dari ekonomi lemah hingga menengah mengalami sakit ‘flek’ yang tidak tersembuhkan karena salah penanganan ataupun mahalnya obat dan biaya rumah sakit. Mudah-mudahan dengan melimpahnya produksi susu kambing Etawa akan makin banyak anak-anak dan saudara-saudara kita yang terbantu. Teruskan perjuangan, jangan patah semangat!! Salam untuk semua kru “kandang bambu’. Semoga semua kandang kambing di Indonesia terus penuh dengan kambing-kambing sehat yang potensial yang menghasilkan berliter-liter susu demi kesehatan anak-anak generasi masa kini dan masa depan. Salam hormat.

29 12 2009
Arief Rachman W.

Begitu pula dengan saya Prof, senang bisa berkenalan dengan anda. Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama mewujudkan rencana-rencana yang telah kita diskusikan sebelumnya. Semoga Tuhan memberi kemudahan dan melapangkan usaha mulia Prof. Jay singh yadav dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara unggul sektor pertanian dan peternakan. Sampai jumpa di bulan februari 2010 Prof, Salam Kandang Bambu:)

6 02 2010
iwan

salam kenal, Mas, tlong diinformasikan letak Peternak PE yang ado di Kota Palembang, karna saya tinggal di Palembang. Trims.

6 02 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas iwan, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Saya minta maaf sebelumnya karena tidak memiliki informasi yang anda butuhkan. Mungkin kawan-kawan yang lain bisa membantu mas iwan di palembang. Salam kandang bambu:)

30 03 2010
muslih

Salam kenal Mas Arief,…
Mas Aku sangat tertarik dengan PE, kebetulan sewaktu kecil ortu saya dulu juga pelihara jenis PE cuman saya tidak tahu jenis PE yg mana. Dan kebetulan saat ini saya juga punya buat koleksi saya jenis PE Kaligesing itupun setelah saya pelajari ternyata jenis RASnya kurang bagus. Dan saat ini saya ingin cari lagi tetapi yg jenis PE Senduro (yg warna bulunya polos putih). kira-2 kalau dijogja sudah ada yg kembangbiakan belum ya? mohon infonya dunk…

30 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak musli, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Sepanjang pengetahuan saya, di jogja belum ada yang mengembangkan kambing PE ras senduro. Coba pak muslih maen ke peternakan bumiku hijau milik pak bondan, lokasinya dekat per4tan concat, ringroad utara. Setau saya beliau punya satu pejantan yang lumayan, mungkin pak bondan bisa memberi info lebih banyak tentang perkembangan PE ras senduro di Yogyakarta. Demikian semoga membantu, salam kandang bambu:)

21 07 2010
Joni

Dear Mas Arief

Sukses buat mas aif atas konsen nya di bidang peternakan yang akan membawa kesejahtraan terhadap bangsa ini, mas mohon di informasikan sedulur2 yang main di etawa ini ya berikut kontak HP nya (Yang di sekitar Jogja ), ada siapa saja, juga pasarnya bagaimana ? cara menjualnya? apa harus pergi ke pasar tiap seminggu sekali ato bagaimana?? saya tertarik untuk belajar lebih dalam tenang bisnis ini,untuk kemudian setelah paham bener saya akan mencoba berbudidaya PE ini. makasih, jawaban bisa ke email saja mas.

23 07 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas joni, terimaksih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Cukup banyak kawan-kawan yang menekuni ternak kambing PE ini di sekitar Yogyakarta, namun maaf saya tidak memiliki semua kontak mereka. Saya akan berikan beberapa nomor yang bisa anda hubungi untuk belajar dan memperdalam pengetahuan tentang kambing perah. Info saya kirim via email, salam kandang bambu:)

25 10 2010
Olis

Kl Saya mau beli kambing untuk qurban dalam bentuk partai bs hubungi ke siapa y ? mksh

3 11 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Olis, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Mohon maaf kami belum memiliki info yang anda perlukan untuk wilayah luar Malang. Salam kandang bambu:)

6 01 2011
Ridho Aryo Pratama

Assalamualaikum mas Arif. Salam kenal mas.
maaf sebelumnya mas, begini, saya kan pengen belajar bagaimana teknik2 ternak PE.
boleh gak saya minta nomer mbah syambya?
terimakasih sebelumnya.
wassalamualaikum.

1 02 2011
ratih ainnur rahma

asalamualaikum,,saya mahasiswa di semarang ,,saya mau cari tempat untuk PKL di jogja,,kalo boleh tau saya ingin minta info peternakan kambing atau sapi di kota jogja dmna saja yaa,,??
yang sekiranya bisa untuk pkl saya,,
terimakasih,,
saya kirimkan email saya
rahma_aja_deh@yahoo.com

8 03 2011
Jaka

Mas Arif minta infonya tentang peternak di kaligesing yg menjual PE SUPER . . , Pengen coba pelihara Etawa super. Makasih sebelumnya atas infonya.

21 03 2011
Arief Rachman W.

Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog, mohon maaf saya tidak bisa memberikan info signifikan. Setau saya kambing PE kelas super sudah banyak menyebar di berbagai kota di pulau jawa tidak lagi terkonsentrasi di kaligesing. Posisi keberadaan kambing PE unggul ada di yogyakarta, pati, banjarnegara, rembang, bogor, bandung, gresik, tuban, ponorogo, tulungagung, kediri, jombang, malang, Blitar dan Lumajang serta beberapa daerah lain. Salam kandang bambu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: