KAMBING KOLEKSI KAMI

under construction

 


135 responses

24 03 2009
zico

bagus2 kambingnya pak ,mungkin mahal harganya yah boleh dong saya belajar ternak kambing dari bapak siapa tahu bisa berhasil seperti bapak tapi sayangnya saya di jakarta

24 03 2009
Arief Rachman W.

Biasa aja mas, Saya masih dalam tahap belajar juga. Silakan kalau ada waktu mas zico maen2 ke malang, nanti insya Alloh saya antar ke sentra kandang kambing PE di Malang, Salam Kandang Bambu:)

25 03 2009
tejajuan

salam etawa bos dari cah deso,saya sangat tertarik dengan pe nya.bisakah berbagi ilmu dengan saya…oshin yang manis ,polo yang gagah,sunguh bisa untuk penghilang lelah,bos yang seperti oshin berapa harga nya,hehehe…terimakasih salam etawa dari cah deso

27 03 2009
Arief Rachman W.

Saya sangat terbuka untuk sama2 berbagi pengalaman. Saya sebenarnya juga masih belajar, silahkan aja kontak saya kalau ada yang perlu ditanyakan:). Maaf mas, OShin tidak dijual karena masuk dalam program regenerasi untuk dilestarikan keturunannya, karena kambing PE bertekstur kepala bagus sudah semakin jarang terutama di malang. Salam Kandang Bambu:)

27 03 2009
tejajuan

bos minimal ya anak nya oshin hehehe…….oc bos sukses selalu ,sehat selalu,terus berkarya ,……hidup oshin ,polo,salam dari cah deso,…

13 04 2009
sopyanetawa

kambingnya bagus-bagus mas, sip markusip. kapan maen ke t4 kami mas, lihat koleksi kambing aku langsung di kandang he .. . .

14 04 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas, Insya Alloh kapan2 saya maen kesana. Saya senelumnya udah pernah ke kaligesing mas, ketemu dan diantar oleh pak rokim ketua KSU krida satwa. Salam Kandang Bambu:)

13 04 2009
indra

bos, berapaan harga kambingnya, kalo didaerah sumatera ada nggak ya

14 04 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas indra, harga kambing bervariasi tergantung kualitasnya. Sepertinya didaerah sumatra ada, tapi tepatnya saya kurang tau karena pernah lihat diliput tvri:) Salam Kandang Bambu:)

16 04 2009
koko'

Salam ternak,
Mas Arief, saya sangat setuju dengan konsep berbagi pejantan/indukan unggul untuk mendapatkan gen terbaik (dalam hal ini bentuk kepala) yang anda lontarkan. Tetapi memang masalahnya, bagi para kolektor adalah kalau semua orang bisa punya PE bagus, ybs tidak bisa berjualan lagi hehehe.
Kalau memang berminat, saya juga punya beberapa koleksi PE yang mungkin bisa digunakan untuk berbagi. Hanya saja problemnya lokasi kandang saya yang sangat jauh dari Malang. Mungkin bisa diatasi dengan pertukaran kambing (kaya pertukaran pelajar aja) selama masa birahi.
Kebteluan saya juga ada PE yang diberi nama Arjuna (2 bulan) yang cukup baik keturunannya.
Tks

20 04 2009
Arief Rachman W.

Halo mas koko, salam kenal juga. Ketakutan gak bisa jualan lagi seperti yang mas koko umpamakan menurut saya sah2 saja. Tapi, ndak ada peternak yang bisa berkembang sendirian tanpa turut serta (bantuan) sesama peternak lain. Rejeki orang itu kan sudah ada yang ngatur, dan rejeki orang itu ndak akan tertukar. Ndak usah ketakutan gak bisa jualan lagi (berkurang rejekinya) dengan banyak berbagi dengan sesama peternak:) betul gak mas?
ngomong2 mas koko tinggal di mana? siapa tau saya bisa mampir ke kandang mas koko:)

21 04 2009
Ihsan

Salam kenal,
Apakah dari faktor makanan yang bermutu dapat memberikan kambing “super”???

21 04 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas ihsan. Makanan berkualitas bagus merupakan salah satu bagian penting untuk membentuk kambing berkualitas. Tapi, itu bukan satu2nya, faktor lain yang juga sangat penting untuk menghasilkan kambing super adalah genetik (keturunan indukan&pejantan super). Selain itu, perawatan (kebersihan dan kesehatan) kambing juga tidak kalah penting. Salam Kandang Bambu:)

22 04 2009
Ihsan

Saya tinggal di Medan dan beternak kambing baru 1 tahun untuk saat jumlahnya 7 ekor (1 jantan, 3 betina dan 3 ekor anaknya – mirip jantannya), saya punya kambing jantan yang mirip dengan “Bagong” (Kandang Batu) dengan tinggi 93 cm apakah termasuk unggul?? Betina yang saya punyai bagus dengan ciri-ciri PE unggul hanya kurang tingginya saja (bulu kepala hitam sampai di leher dan kuping lipat kedepan) dan saya membeli kambing tersebut di daerah Wonosobo – Jateng. Dan saya berniat untuk mengembangbiakkan kambing PE yang unggul hanya saja terkendala dana. Saya ingin share terus sekaligus mendapatkan Trik dan Tips dari beternak kambing PE unggul. Thanks.

2 08 2009
wira

Mas Arif…
saya tinggal di medan sm dgn mas ihsan…saya punya sepasang ettawa
usianya kira2 11 bulan yg betina sering sembelit(susah buang air besar)
dan setelah sembelit esoknya mencret kira2 apa obatnya???
saya jg mau tanya alamat mas ihsan utk tempat bertanya jg

10 08 2009
Ihsan

apabila mau singgah ke tempat saya Jl. Pamah Gg. Jafar 102 Delitua, No HP 081362292788. saya juga mau menimba ilmu/sharing dari teman2 peternak PE di Medan. Thanks

10 08 2009
Ihsan

o…ya, saya lupa memperkenalkan di facebook a/n ihsanuddin sinaga, disitu ada foto kambing etawa jantan saya. thanks

25 04 2009
tejajuan

hallo mas ,gimana kabare ….cah deso datang lagi….hehe.wah cerita nya baru sibuk kerja ini mas,..sampai ngak bisa buka buka komputer,wes pokok nya salam etawa , terus berkarya ,mudah mudahan sehat selalu.kangen juga sama oshin nya, pe dan ilmu nya semoga dapat nanti ditularkan saya,matursuwun,

27 04 2009
Arief Rachman W.

Kabar baik, semoga cah ndeso tetap semangat dan segera membuka peternakan PE nya:). Salam kandang bambu:)

8 05 2009
sjarief

saya tertarik saya artikel mas tentang kambing PE
Mas mbok tolong di tapsirkan kira-kira inves di bidang kambing PE yang ideal iku piro ekor
Baik indukan dan pejantan serta anakannya, begitu pula luas kandang ideal serta ketersedian lahan untuk hijauan jika harus nambah anak kandang idealnya nambah piro
Enaknya inves di kambing ini dia awal musim hujan ataukah di musin kemarau (soale jarene rego kewan podo murah)
begitu pula jenis kambing yang gampang angonane jenis opo (tapi cukup menarik untuk pengembalian modal)
untuk jenis kambing yang baik di pasar di malang apa banyak tersedia (kata orang jenis PE / bor ini banyak dipelihara orang di daerah dau/oro-oro ombo)
Apakah ideal kandang kambing berdekatan dengan kandang sapi (soale jarene wong tuwo wedus iku getihe panas …………(iso-iso ae wong tuwo iku kwakakakakkkkk)
Sory Mas, iki khayalane wong sing cuman iso ngayal lek duwe kandang kambing alias gak lulus-lulus melok wong terus hehehe…………
salam tukang khayal ……….tak tunggu jawabane tur artikel sing anyar…………

13 05 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Sjarief. Investasi di peternakan kambing PE (peranakan Etawa) untuk saat ini cukup mahal mas, disebabkan harga kambing ini yang melambung tinggi. Anda bisa baca artikel terbaru saya tentang Analisa Investasi Ternak Kambing PE. Artikel tersebut secara sederhana menggambiarkan perkiraan investasi beternak kambing PE dengan jumlah minimal 5 ekor.
Memulai invest beternak kambing menurut saya ndak usah terpatok musim mas, tapi fokus pada posisi (tempat) kandang yang dekat dengan sumber pakan (khususnya hijauan). Masing2 jenis kambing punya kelebihan dan kekurangan mas, ndak ada yang paling gampang diangone heheh:). Memahami jenis kambing dan potensinya, anda bisa baca buku “Beternak Kambing Unggul” karya B.Sarwono. Diterbitkan oleh Penebar Swadaya (PS). Buku itu cukup lengkap mengulas tentang beternak kambing Unggul dan jenis2nya:). Semoga bermanfaat, Salam Kandang Bambu:)

10 05 2009
tejajuan

hallo mas iksan ,salam etawa dari cah deso, kabare sae to….mas saya kok bingung ya, kok keliatan nya ngak ada yang megunakan kambing etawa sebagai kambing perah ,padahal saya pengen punya pengalaman etawa perah,semua pada etawa super,menengah, yang etawa perah yang gimana…mohon penjelasan nya,matursuwun salam etawa ,terus berkarya,sehat selalu.salam etawa.

13 05 2009
Arief Rachman W.

halo mas tejajuan, gak usah bingung mas. Menurut pemahaman saya, kambing etawa (peranakan etawa (pE) fungsi utamanya adalah sebagai kambing perah, karena jenis ini memiliki keunggulan hasil susunya yang cukup banyak (1-2ltr/ hari). Sebagai referensi mas bisa baca buku “beternak kambing unggul” karya B. Sarwono, yang ditrerbitkan penebar swadaya (PS). Membaca buku tsb mas bisa dengan jelas memahami jenis2 kambing unggul beserta fungsi2 utamanya. Buku itu cukup bagus dan lengkap sebagai referensi eternak kambing unggul mas.
Sebagian peternak sekarang ini memanfaatkan harga kambing PE yang melambung dengan fokus kearah pembibitan saja. Arah pembibitan mereka untuk kambing “kontes”. Menurut hemat saya, sangat disayangkan kalau kambing PE tsb hanya dimanfaatkan sebagai komoditas lomba (kontes) dengan mengesampingkan fungsi utamanya sebagai kambing perah. Demikian semoga membantu, Salam Kandang Bambu:)

16 05 2009
tejajuan

matursuwun mas jawaban nya ,pokok nya salam etawa wae,mas aku punya cerita ini,menurut nya susu kambing itu memang bagus lho mas, saya kan banyak bergaul sama orang orang lain negara ,trus rata rata mereka itu penguna susu mas,wah fisik nya , ukuran badan nya siiiip mas,…tapi di kita kok kambing pakai kontes ya,trus kambing yang banyak susu nya itu yang gimana mas, apa kambing super sama kambing kelas menengah itu lain kwalitas susu nya ya ma…sampun mas matursuwun ,hidup etawa,terus berkarya,semoga sehat selalu…

19 05 2009
andisujatmika

harga induk berapa bos? yang ekonomi saja

28 05 2009
Arief Rachman W.

Kisaran 3jt an mas andi, setau saya.

20 05 2009
Ihsan

Ass..
Untuk mendapatkan susu kambing yang banyak, apakah faktor makanan menentukan? Kalo faktor tsb menentukan, makanan seperti apa saja itu?

23 05 2009
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas ikhsan:). Menurut saya faktor makanan juga berpengaruh terhadap Kwalitas dan jumlah susu. Menurut hasil belajar saya ke- syambadi ranch, kambing sebaiknya diberi pakan hijauan yang bagus dan cukup (cth: gamal, kaliandra, sataria dan sejenisnya) Selain itu dibutuhkan asupan pakan tambahan (combor) yang baik dan cukup juga. Menurut yang saya tau ketika berkunjung ke syambadi ranch, pakan penguat yang diberikan adalah campuran antara jagung giling (selep) dengan kopra (bungkil kelapa).
Literatur juga menjelaskan tentang perlakuan khusus dengan memijat bagian ambing dengan gerakan tertentu, ternyata juga signifikan meningkatkan jumlah produksi air susu kambing. Gerakan pijatnya bisa anda lihat di blognya mas bondan: kambingetawa.blogspot.com.
Salam Kandang Bambu:)

20 05 2009
kusairi

hallo mas salam kenal dari cah blitar, kambingnya kok bagus-bagus banget.oh ya besuk tanggal 15-16 juli 20009 di blitar diselenggarakan KONTES KAMBING ETAWA OPEN SEJAWA MEMPEREBUTKAN PIALA BUPATI BL;ITAR. dan juga ada acara SARASEHAN PETERNAK KAMBING ETAWA SEJAWA dengan agenda 1. Standarisasi kretiria penilaian juri. 2. pembentukan FORUM KOMONIKASI PETERNAK KAMBING ETAWA SEJAWA. DAN LAIN-LAIN lebih jelasnya hubungi mas KUSAIRI HP. 081335387912. tak lupa titip salam ke mas widikcs. trims.

23 05 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga bapak khusairi, senang anda mau mampir ke blog saya:). Kambing2 milik saya biasa2 saja pak, sebagian kambing adalah milik rekan peternak. Tujuan saya ekpos kambing mereka adalah agar malang juga diketahui memiliki bibit kualitas unggul seperti daerah lain:).
Insya Alloh saya upload info kontes njenengan, saya tunggu kiriman softcopy brosurnya pak, juga akan saya sampaikan salam njenengan ke kang widick. Salam kanadng Bambu:)

17 06 2009
koko

Assalamualaikum

Mampir lagi mas Arief, dan ternyata sudah semakin maju dengan menambah produk susu. Mudah2an semakin smaju dan sukses.
Kandang saya ada di Ciawi mas, tapi baru ada beberapa ekor. Dan kemarin 9 ekor melahirkan tetapi banyak jantan daripada betina. Jadi belum nambah populasi betinanya.
Pertanyaan saya mas, apakah saya harus nunggu populasi banyak kemudian baru produksi susu? Kira2 berapa jumlah kambing supaya mencapai skala ekonomis untuk produksi susu.
Matur nuwun.

Wassalam

17 06 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, jumpa lagi mas koko:). Terimakasih supportnya, semoga begitu juga dengan anda semakin maju dan sukses. Saran saya, mas koko segera produksi saja susu kambingnya. Proses produksi susu gampang2 susah, perlu sedikit telaten. Dengan segera berproduksi anda akan dapat banyak pengalaman dan pembelajaran dari proses pemerahan hingga penanganan pasca perah untuk menghasilkan kualitas susu yang baik. Jumlah produksi yang masih sedikit memungkinkan anda memiliki waktu untuk memperkenalkan brand produk anda ke pasar. Sebagai gambaran mas, saya aja memulai produksi susu hanya dengan 2 ekor indukan saja:). Menurut hitungan saya, 5 ekor indukan siap produksi sudah masuk skala ekonomis. Hasil produksi susu (rata2 1ltr/ekor/hari) ditambah dengan hasil jual anakannya mampu menutup biaya operasional dan menghasilkan laba (kira2 1,5jt/bulan). Salam Kandang bambu:)

29 06 2009
bondandk

SELAMATKAN ASET BANGSA DENGAN TIDAK MENJUAL KAMBING UNGGUL KITA KE LUAR NERGERI…………… MAJULAH PETERNAK INDONESIA!!!

22 07 2009
Ihsan

Salam k-etawa..
Diumur berapa pertumbuhan kambing khususnya etawa berhenti? Dari ciri-ciri super yang udah diketahui, apakah ada patokan tinggi badan kambing etawa super diusia 6 bln, 12 bln dan 24 bln? Mohon penjelesannya mas Arief…

24 07 2009
Arief Rachman W.

Berdasarkan pengalaman teman2 peternak senior, menurut mereka pertumbuhan kambing berhenti pada usia diatas 2,5-3 tahunan. Sepanjang pemahaman saya belum ada ata u belum saya temukan referensi yang menjelaskan patokan tinggi kambing usia 6, 12 dan 24 bln. Yang saya ketahui hanya tinggi maksimal jantan atau betina saja mas. Mungkin kalau andan atau rekan peternak lain memiliki acuan tinggi pada usia tertentu bisa share dengan saya, terimakasih. Salam Kandang bambu:)

10 08 2009
Ihsan

thanks atas jawabannya mas..

27 07 2009
oki

SALAM KENAL DARI OKI DI TANGERANG
JADI MINAT JUGA NIH PELIHARA KAMBING ETAWA, KEBETULAN KAMPUNG ISTRI DI PURWOREJO

28 07 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas Oki, terimakasih telah berkunjung ke kandang bambu weblog. Salam Kandan Bambu:)

29 07 2009
yusuf

Assalamu’alaikum..
Mau tanya mas, mengenai pakan… apakah boleh diberi pakan kulit jagung untuk kambing PE dewasa, mengingat banyaknya limbah tsb di pasar. Mohon kiranya penjelasan dari mas arief, terima kasih banyak.
wassalam m

29 07 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, bleh saja mas yusuf. Limbah jagung yang sering digunakan untuk pakan kambing adalah “tebon” yaitu batang, daun dan sisa jagung. Namun sebaiknya pemberian juga diselingi oleh hijauan lain, biasanya kalau terlalu banyak dan sering diberi tebon, kotorannya akan lembek (ngempel/tidak mrintil normal). Semoga bermanfaat, Salam Kandan Bambu:)

18 08 2009
amir

Assalamu’alaikum Mas Arif,
Mas saya punya indukan kepala poleng, dirawat kakak saya dimadiun, kata penjualnya sudah beranak sekali dan sudah dikawinkan lagi, dan sampe sekarang +/- 5bulan tidak ada tanda tanda bunting dan juga tidak ada tanda2 birahi lagi…. jadi kakak saya dan saya kesulitan dalam identifikasinya. Mohon pencerahan, bagaimana tips-nya supaya indukan tersebut bisa menunjukkan tanda birahi yang normal? apakah kualitas pakan bisa berpengaruh terhadap siklus birahi kambing? catatan: Pakan sehari-hari rumput gajah, daun nangka, rumput lapang + penguat ampas tahu n bekatul 2x sehari. Kondisi kambing sehat dan tidak terlalu gemuk.

Trims Pencerahannya.

Rgds

– Amir -

19 08 2009
Arief Rachman W.

coba dilihat lebih teliti lagi kondisi birahinya mas amir. Kalau memang blm bisa, maka kemungkinan:
1. Ada gangguan hormonal yang menyebabkan siklus birahinya terganggu. Penyebabnya bisa penyakit atau cedera/trauma pasca kelahiran sebelumnya. Sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan terdekat.
2. Kambing kekurangan nutrisi pakan jg bisa mengakibatkan gangguan fungsi reproduksinya. (sepertinya pakan njenengan yang diberikan cukup)

Ada cara yang biasa juga dilakukan peternak untuk memicu birahi dengan menyuntikan hormon (singkronisasi). Bisa dibeli di toko pakan dan obat2tan ternak terdekat. Sebaiknya konsultasikan dengan mantri/ veteriner dulu, karena penyuntikan hormon ini juga beresiko menutupnya saluran telur.

Mkn itu yang bisa saya share mas, mudah2han membantu. Salam kandang bambu:)

4 09 2009
tya

kapan ada kontes lagi?

4 09 2009
Arief Rachman W.

Belum ada info tentang kontes selanjutnya yang kami terima mas tya:) Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog, salam kandang bambu:)

12 09 2009
HERU

Salam kenal mas…….
Kambingnya kok nyenengke banget tho mas…..
Saya pengen beternak etawa setelah baca dan lihat di internet…
Sekarang saya sdh py kandang model panggung dan sdh sy isi dgn kambing jawa…
Kalau saya beralih ke etawa, sy hrs beraawal dari kecilan atau langsung indukan…
Mohon petuntuk mas….
Trims

12 09 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas heru, terimakasih telah berkunjung ke kandang bambu weblog. Memulai beternak kambing etawa menurut saya fleksibel saja mas. Kalau anda ingin cepat berproduksi pilih indukan, kendala biasanya adalah dana awal yang disediakan relatif banyak. Kalau anda ingin belajar/mencoba2 dulu, bisa saja anda beli anakan (bakalan) umur diatas 4 bulanan. Keuntungannya harga beli secara umum lebih murah, kendalanya; waktu pemeliharaan hingga produksi relatif lama jadi biaya pemeliharaan juga relatif lebih besar. Selamat mencoba beternak kambing PE mas heru, semoga sukses. Dengan senang hati kami membuka diri untuk berdiskusi, salam kandang bambu:)

28 09 2009
yony "black"

salam ternak………………..
banyak org yg sdh memelihara ternak terutama kambing PE tetapi sy lebih cenderung buka usaha susu kambingnya. kami sdh membuat susu kambing difermentasi yang mana di pasaran kami beri nama MAGIC TRADITIONAL KEFIR. yg dl kita kerjasama dg taiwan sm dinas peternakan tk I jatim. kami mau menawarkan kps smua org kl membutuhkan KEFIR (susu kambing Fermentasi) segera hub sy di 8671679 (yony). trims ats kerjasamanya….

2 10 2009
artamalistiawan

Mas arief ketemu lagi…..salam kenal… saya tertarik untuk berternak etawa tapi berhubung saya masih kerja saya ingin menyediakan lahan hijau dulu sebagai sumber pakannya , apalagi didaerah saya ketersediaan lahan hijau juga masih sangat kurang oleh karena itu saya ingin mencari bibit kaliandra untuk saya tanam di lahan kosong perkarangan saya barangkali mas arief bersedia membantu mohon infonya di email saya…. oh ya kalau mas arief berkenan mohon dikasih alamat lengkapnya di singosari…..dan kebetulan saya dari jawa timur juga tepatnya di Bojonegoro….. terima kasih mas Arief

2 10 2009
Arief Rachman W.

ide anda tepat mas artama, memang sebaiknya siapkan dulu ladang hijaun pakan ternaknya. Sekali lagi saya minta maaf, untuk sementara belum bisa menyediakan bibit kaliandra, untuk supliernya sedang saya cari. Kalau ada info insya Alloh saya beri kabar. Alamat dan kontak lengkap saya ada di: http://kandangbambu.wordpress.com/contact-us/
Salam kandang bambu:)

5 10 2009
Asep Mulyana

Salam Kenal,
Mas Arif nama saya Asep posisi saya di Jakarta sementara kandang yang saya siapkan ada di Bandung (mudah-mudahan rampung di akhir october 2009 Insya Allah). Saya termasuk pemula dan tertarik untuk beternak ruminansia eksotis dan pilihan saya jatuh kepada kambing PE dan domba garut, sehingga kandang yang saya siapkanpun diperuntukkan untuk koleksi PE dan Domba Garut.

Saya merupakan penggemar kambing PE dan mulai berburu untuk koleksi dari bulan Februari, hingga saat ini baru mengoleksi 5 ekor induk betina ( dua diantaranya baru beranak) dan 1 ekor jantan, semuanya ras Kaligesing dengan kualitas cukup baik dan hingga saat ini pun masih saya titipkan di kaligesing. Rencana saya bawa ke Bandung awal Desember 2008.

Menarik melihat koleksi mas Arif, terutama untuk tekstur kepala yang nyakil. Ada beberapa pertanyaan saya untuk project pelestarian tekstur nyakil dimaksud, apakah anakan dari indukan yg diproyeksikan mewarisi pola dari indukan yang ada? Gen manakah yang lebih dominan untuk menurunkan sifat yang nyakil apakah jantan atau betina?

Hingga saat ini koleksi PE yang saya miliki belum ada yang nyakil seperti yg dikoleksi oleh kandang Bambu, boleh berbagi indukan atau titip untuk mengawinkan?

Terimakasih,

Salam,

Asep

9 10 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas Asep, wah rencana anda cukup matang juga rupanya untuk menjadi pelestari kambing unggul. Saya doakan sukses dan lancar semuanya.
Mengenai gen dominan, menurut pengalaman kami adalah dari pejantan. Kami telah melakukan beberapa uji, hasilnya anak dari pejantan bertekstur kepala bagus cenderung menurun ke anakannya meskipun induknya tidak “nyakil”. Tetapi, kemungkinan besar jika induknya memiliki darah keturunan tekstur unggul hasil anakan lebih bagus pola tekstur kepalanya mas. Jadi kesimpulan saya, kualitas pejantan sangat berpengaruh untuk mencetak anakan tekstur unggul.
Kemungkinan kita bekerja sama mencetak silangan unggul, mengapa tidak. Mungkin nanti kita bisa jajaki kemungkinan itu bersama-sama. Salam Kandang Bambu:)

9 10 2009
Slamet

Mas Arief,
Saya numpang kenalan sama Kang Asep Mulyana. Saya juga pemula di ternak kambing Etawa. Saya punya 2 ekor PE yg dititipkan di Pa H Yadi di Tanjungkerta Sumedang (salah satu sentra domba garut unggulan). Beliau juga punya kandang di Cipatat Bandung Barat. Sementara ini, Pa H Yadi ingin fokus ke produksi susu kambing.

Nampaknya kita bisa kerjasama lebih jauh karena kita juga sedang mengembangkan produk turunan susu kambing di Ciwidey. Mohon doanya.

Kandang Kang Asep persisnya dimana? Kalau ada data lengkap Insya Allah saya akan silaturahim ke kandang Kang Asep.

Berikut email saya : salmananshory@gmail.com HP : 022 7051 3687

Matur suwun Mas Arief,
Wassalam

12 10 2009
Asep Mulyana

Alahmdulillah,

Terimakasih Mas Arif atas doa dan share informasinya, mudah-mudahan segala sesuatu yang telah dipersiapkan mendapat Ridho-Nya, amien.

Luar biasa, ide untuk bekerjasama dalam mencetak silangan unggul saya harap ini dapat direalisasikan yang penting adalah keterbukaan dan niat untuk kerjasama yang harus dihargai, sementara masalah teknik adalah sesuatu yang bisa diatur kemudian, sekali lagi terimakasih atas keterbukaan yang sudah disampaikan. Detail lebih lanjut kita akan komunikasikan tersendiri ya…

Salam kenal untuk Kang Slamet/salmananshory,
Lokasi kandang saya ada di Kecamatan Ciparay – Kabupaten Bandung tepatnya di kampung Bahuan. Untuk Silaturahmi silahkan namun kadangnya sendir baru terisi pada minggu pertama Desember 2009, sementara saya sehari-harinya berada di Jakata (maklum status saya masih kuli) , kemungkinan saya berkunjung ke kandang sebulan dua kali, mangga komunikasinya saya tunggu untuk bersilaturahmi.

Wah lumayan juga yah kang Slamet sudah mulai mengembangkan kambing keturunan Ciwidey, saya seringkali berkunjung dan berdiskusi dengan Kang Budhi Neqtasari di Ciwidey.

Demikian disampaikan, sekali lagi terimakasih atas doa dan informasinya.

Salam,

Asep M.

17 10 2009
tarto

Assalamu’alaikum

Mas Arif, ada pejantan super umur diatas 1.5th dibawah 2 tahun ? kalo ada saya dikirimi foto, ukuran dan harganya, dari 30 an induk dan calon induk dikandang saya baru punya 1 pejantan yang bagus.
Agar gambarnya dikirim ke email tarto4330@yahoo.com
Matur suwun
Tarto Boyolali

17 10 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, apa kabar mas? lama kita tidak kontak:). Harus diatas 1,5 dibawah 2 tahun mas? Insya Alloh nanti saya kirimkan gambar dan datanya ke email mas tarto. Salam kandang bambu:)

21 10 2009
Ragil B. Sumantri

saya juga mau mas, sama seperti mas Tarto, kalo bisa sekalian bakal indukan yang siap kawin,, tolong ya mas, saya juga pengen punya kambing PE yg bagus, tolong ya mas…..email stra_wjy@yahoo.co.id
mkasih sebelumnya mas Arief

22 10 2009
Arief Rachman W.

Baik mas, insya Alloh saya kirimkan data dan fotonya via email. Terimakasih atas kepercayaannya, salam kandang bambu:)

25 10 2009
okky

mas, kalo kambing sekelas POLO harganya mencapai brapa ya?
kalau untuk pejantan yang baik ciri2 fisik seperti apa? patokan harga untuk kambing PE kualitas B kisaran brp ya mas?
trim’s atas infonya

25 10 2009
Arief Rachman W.

Kambing sekelas Polo harga kisaran 4jtan mas okky. Ciri kambing PE jantan yang baik silahkan klik artikel kandang bambu berikut: http://kandangbambu.wordpress.com/2009/03/11/anatomi-kambing-pe/
Sejauh ini saya belum bisa dapet patokan akurat untuk harga kambing PE mas, sangat tergantung kualitas kambing dan tingkat ketertarikan pembelinya:)
Salam kandang bambu:)

30 10 2009
Ihsan

Salam jumpa mas…mau tanya, apa si Polo mau dijual dgn harga 4jtan???

1 11 2009
Arief Rachman W.

Jumpa lagi bang ihsan:), maaf bang untuk sementara Polo belum akan dijual karena sedang akan digunakan sebagai pejantan. Saat ini baru berumur 13 bulanan, poel 1 pasang.

21 11 2009
IHSAN

Salam k-Etawa>>>>
Faktor penyebab bulu rontok pada kambing dan bgm mengatasinya??
Untuk info : saya baru saja membeli kambing PE kualitas bagus dari daerah Jateng seminggu yg lalu dan bulu2nya byk yg berjatuhan di kandang, apakah kambing tsb masih dalam tahap penyesuaian iklim daerah setempat??
Mohon jawabannya mas…

22 11 2009
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas ihsan, apa kabar medan? ada benarnya apa yang disampaikan mas ragil, kemungkinan kambing anda terkena cacingan. Namun jika kerontokan bulu tidak banyak, kemungkinan hanya dampak dari pengiriman yang jauh dan stres.
Salam Kandang bambu:)

7 11 2009
tony_sapi

Boss Arief Rachman W yth,
Sudah bulak balik saya menelusuri blog ini, baru sekarang saya sadari dan tahu pemiliknya adalah anda — mohon maaf dan mohon di maklumi – namanya juga sapi Boss.
Seneng saya melihat Boss Asep Mulyana yth – juga berkunjung kesini.
Ada hal yang sangat menarik dan saya anggap luar biasa pada pembicaraan Boss asep dengan anda, yaitu mengenai upaya PELESTARIAN Cakil (kok kaya nama wayang yang jahat ya???). pelestarian kan bisa juga di artikan sebagai perbanyakan / multiplication, nah supaya cepet banyaknya saya mau ikutan, walaupun belum faham betul apa yang di lestarikan, hehehehe pokoknya nimbrung.
Terimakasih dan salam hormat.

10 11 2009
Arief Rachman W.

Munggo kalau mau ikutan nimbrung pak toni, semakin banyak ide dan pemikiran untuk kesuksesan beternak kambing PE insya Alloh lebih baik:)
Salam kandang bambu:)

21 11 2009
Ragil B. Sumantri

nyuwun sewu mas Arief, mau berbagi pengalaman sma mas Ihsan, dlu kambing pejantan sya jga bgitu, kalo bulu rontoknya tidak wajar ( dlm jmlah yg banyak ) itu termasuk penyakit cacingan, alhamdulillah stlah sya ksih obat cacing rutin sda nggak rontok lagi,,,
kagem mas Arief; kambing betina sya kmarin malam mati stelah melahirkan 2 anak, pdahal pagi stelah mlahirkan masih sehat2 aja, tba2 mlm hari kejang2 trus mati.. ada yg bilang tu kena penyakit “busung ambing”, apa benar ada penyakit itu? klo benar bgmana cara pencegahannya…

22 11 2009
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas ragil, mengenai penyakit “busung ambing” ternak kami belum pernah mengalami kejadiannya jadi maaf saya tidak bisa membantu banyak. Mencegah kejadian fatal setelah induk melahirkan, pemberian pakan dengan nutrisi cukup selama induk buntuing adalah kunci utama mas. Selain itu pemberian asupan pengganti cairan dan energi seperti air gula jawa sangat membantu pemulihan kondisi induk sesaat setelah melahirkan. Semoga bermanfaat, salam kandang bambu:)

26 11 2009
uyunmuzizah

salam kenal,,mas arief,oshin bagus buat indukan mukanya nonong bagus

27 11 2009
Arief Rachman W.

salam kenal juga, senang berkenalan dengan anda. Terimakasih suportnya…. salam kandang bambu:)

11 12 2009
denta

mas saya baru memulai usaha peternakan kecil2an domba garut dan kambing pe di wilayah ngantang kab malang,untuk pemasaran kambing pe gmana mas…untuk prospek susu dijual kmana,apakah kambing pe yg super tujuanya… hanya untuk kontes saja untuk prospek kedepanya gmana mas ,,

14 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas denta, tetap semangat dalam beternak dan mengembangkan ternak anda. Pertanyaan anda tentang pemasaran kambing pe, susu kambing dan kambing PE kualifikasi super akan saya sampaikan saat kita ketemu di farmnya mas Denta. Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog, sampai jumpa dan tetap semangat. Salam Kandang Bambu:)

16 12 2009
fiqhan

apa tidak punya pejantan anakan yang dijual?

17 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas fiqhan, kebetulan stok calon pejantan dijual untuk saat ini baru leonel. Silahkan lihat di page Kambing Dijual. Kalau untuk cempe jantan belum ada mas fiqhan. Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog, salam kandang bambu:)

17 12 2009
cak doni

lam knl bos,dari wong blitar aq punya PE kepala hitam induk abis nglahirin, anaknya skg dah umur 2,5bln, tp induknya skg badanya gak bisa gemuk,padahal dah tak ksh obat cacing klo makannya sih banyak tp kok gak bisa gemuk ya bos,mohon pencerahannya bos matur thnks

17 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas doni, senang berkenalan dengan anda. Tentang indukan anda, kalau memang sudah bisa dipastikan bukan karena cacingan bisa jadi nutrisi pakan yang diberikan kurang. Logikanya indukan punya anda kondisinya membutuhkan nutrisi pakan cukup karena sedang dalam masa menyusui. Mungkin kawan pengunjung wblog kandang bambu bisa menambahkan saran untuk membantu mas doni di Blitar….., Salam Kandang Bambu:)

21 12 2009
indraawidiya

assalamuallaikum wr wb…….salam kenal mas…kambing2nya ganteng tenan…..saya jatuh cnta sama si polo…..umur 5 bulan sudh kelhatan cakepnya,,gagah pisan….kalo boleh tau,,, di daerah mlang apa ada pasar kmbg etawa????seperti di prworejo….trus polo itu kalo misal djual kira2 brp,,mas????? terima kasih banyak…..wassalam

22 12 2009
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warahmatullahi wabarokatuh, salam kenal juga mas indra. Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Setau saya, didaerah malang belum ada pasar khusus kambing PE (etawa) seperti di purworejo. Harga Kambing seperti Polo kalau dijual kisaran 5-6jtaan mas, demikian semoga jawabannya berkenan. Salam Kandang Bambu:)

15 01 2010
Ayub

Assalamu’alaikum

Halo, mas arief…salam kenal. saya dari solo….

Kambing nya bagus2, Indukan Oshin bagus banget…Kira2 yg selevel dgn oshin, harga nya bisa nyampek berapa ya mas…? makasih.
Wassalamu’alaikum

15 01 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, senang berkenalan dengan anda. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Mengenai indukan seperti oshin harganya saat ini mungkin kisaran 5-6 jutaan mas ayub, salam kandang bambu:)

21 01 2010
Asep Mulyana

Assalamualaikum,
Apa Kabar Mas Arief,
Saya pernah lihat dan baca liputan sampean waktu berkunjung ke Bandung dengan foto Gedung Sate dll, sayang ya ndak mampir ke kandangku.

Mas arief, koleksi kambing PE klangenanku sudah diboyong dari Yogya ke Bandung 6 ekor Betina dan 1 Jantan, Alhamdulillah semuanya pada sehat2 dan saya coba juga bawa 7 ekor induk PE untuk perah dan segera akan sy tambah lagi apabila anak kandangnya sudah mahir. PE perah sy proyeksikan untuk menopang operasional hariannya, dari penjualan susunya.

Salah satu induk betina super saya kemarin beranak 2 betina, alhamdulillah warna, kepala dan kuping ok buanget…
Lokasi kandang saya di Kp. Bahuan Ds Mekarlaksana Kec. Ciparay Kab. Bandung Jawa Barat.

Feel free untuk contact saya kalo ke Jakarta atau ke Bandung.

Salam buat keluarga,

Asep M.

21 01 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, alhamdulillah kabar baik kang asep. Mudah-mudahan anda dan keluarga juga begitu, maaf kang kemaren itu saya ke Bogor bukan Bandung:). Judul liputan artikel saya kan “Kandang Bambu Goes to Bogor”, tapi jangan kuatir kang insya Alloh kalo tidak ada perubahan saya dan teman2 peternak dari Blitar ada rencana tour ke Jawa Barat. Nanti akang saya kontak begitu ada kepastian berangkat dan akan saya reverensikan kandang akang sebagai salah satu tujuan kunjungan kami:). Semoga sukses dengan ternak dan farmnya ya kang, see u… Salam Kandang Bambu:)

2 03 2010
dwi agus

Salam kenal buat mas Arief,

Mas saya dah punya impian dan tertarik untuk memelihara yang akan saya kembangkan sebagai usaha. Tapi saat ini saya hanya tertarik untuk beternak kambing. Jadi singkatnya membeli kambing beberapa ekor dan memelihara nya sampai beranak pinak dan menjualnya sebagai konsumsi daging aja. Nah saya mau nanya klo saya mau plihara pejantan PE (elek2an) kemudian saya silangkan dengan kambing jowo apakah bisa memperoleh keturunan yang cukup baik untuk dijual sebagai pedaging? terima kasih mas Arief .. wassalam…

4 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas agus, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Melakukan persilangan membutuhkan pemahaman yang baik tentang jenis kambing dan ciri genentisnya. Setahu saya, kambing PE adalah silangan antara kambing etawa india dengan kambing lokal (bisa jadi kambing jawa yang anda maksud), Jika PE yang sudah silangan itu anda silangkan lagi dengan kambing jawa menurut saya akan menghasilkan keturunan PE yang semaki rendah kualitasnya. Jika untuk pedaging mungkin lebih baik anda pelihara jenis jawa randu atau domba, karena harganya jauh lebih ekonomis dari PE dan lebih cocok buat ternak potong. Demikian sharing saya mudah-mudahan berkenan. Salam kandang bambu:)

15 03 2010
hajiansor

kandang bambu yang terhormat, kami mempunyai kandang yang sangat permanen dengan kapasitas 300san ekor juga ada siup dan ijin gangguan tapi kami kesulitan isi kandang,kalau bisa kita kerjasama mohon tanggapan terima kasih

17 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal bapak Haji Ansor, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Tentang kerjasama dalam bentuk yang bapak maksud sementara kami belum bisa pak. Mudah-mudahan kedepan kita bisa mengembangkan diri kearah sana, terimakasih. Salam kandang Bambu:)

16 03 2010
gersin

ulasan bagus, tolong berikan contohnye kambing PE yang bagus,

gitu lho!

17 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas gersin, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Usulan yang bagus mas, mudah2han kami bisa menyediakan contoh kambing-kambing seperti yang anda maksud, salam kandang bambu:)

28 04 2010
Handoko

apakah bisa Kambing PE diberi makan dengan fermentasi buatan?

28 04 2010
Arief Rachman W.

Menurut saya bisa pak, tergantung kualitas pakan fermentasinya. Konsep umum pemberian pakan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi pokok harian dan siklus fisiologis ternaknya, salam kandang bambu:)

4 05 2010
Zainul Arifin

tanya pak, apa bisa titip kambing pe dengan sistem bagi hasil ? kalo bisa minimal berapa yang harus dititipkan, makasih

5 05 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Zainul, respon dari pertanyaan anda telah kami balas via e-mail. Salam kandang bambu:)

10 05 2010
pendik

mas salam kenal,, saya mau tanya,, kandang bambu itu di daerah mana ya??? saya arek malang,, saya dah muter2 tp ga ktm,,, saya pengen bgt liat2 ,,sapa tau cocok,, sekalian saya beli kambing PEnya

10 05 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas pendik, terimakasih telah mengunjngi kandang bambu weblog. Silahkan datang ke tempat saya di Joyosuko Metro II, sebelah barat kampus UIN. Jika ingin hubungi saya di 081334612246, salam kandang bambu:)

20 05 2010
candra suka etawa

mas arip kpn dolan k ngantang?????? ndak png maen k tempat saya to??? hhhhhh

21 05 2010
Arief Rachman W.

Insya Alloh, pengen juga maen ke rumah njenengan. Nanati tak maen sekalian jalan2 ke ngantang, ndelok PE jagoan’e ngantang :), salam kandang bambu:)

20 05 2010
Patnani

Salam kenal mas Arif, saya pak Patnani dari Purworejo Jateng. Saya sedang mengembangkan usaha untuk pemasaran kambing, karena ada kesibukan lain jadi usaha yg saya rintis turun temurun ini sempat terbengkalai. Setelah saya pensiun mulai tertarik lagi dengan jual beli kambing. Ternyata perkembngan kambing saat ini sudah maju pesat, saya menyukai informasi tentang kambing yang anda tulis. Kapan2 saya ingin maen ke kandang bambu, terima kasih.

21 05 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Pathani, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Terimakasih atas support anda, silahkan mampir kalau bapak pas ke malang. Salam kandang bambu:)

19 08 2010
candra

tak tunggu mas kedatangan jenengan
jagoannya masih cempe….
ada d poto profilku…. candra pengen sukses… hhhh
cempe anakan dari pejantan gajah mada

15 09 2010
Mely

Mas Arief , saya baru tahu nama kambing etawa dua hari yang lalu. Setelah saya baca2 di internet kambing etawa ini bermanfaat untuk perahan dan koleksi. Apakah etawa juga digunakan untuk diambil dagingnya ya Mas…? Sebenarnya saya ingin beternak kambing dengan pola dibesarkan 3 bulan lalu jual. Tapi setelah saya pelajari pelan2 harga jualnya tidak sebanding dengan pakan dan tenaga kerjanya…. Maksudnya antara biaya dan penghasilan malah tekor… Apa memang budi daya kambing bisa sampai tekor Mas…? Makasih banyak atas perhatiannya Mas…

16 09 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal bu Mely, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Kambing jenis peranakan etawa (PE) bisa di manfaatkan dagingnya, karena kambing PE adalah jenis dwi fungsi, yaitu sebagai kambing perah dan juga pedaging. Namun karena harga bibit kambing jenis ini cukup mahal, biasanya yang dijual sebagai pedaging adalah untuk ternak afkir (berusia diatas 5 tahun). Ibu Mely, budidaya ternak kambing tidak berbeda dengan budidaya hasil pertanian atau peternakan lainnya. Kemungkinan mengalami kerugian (tekor) mungkin saja, sama seperti bisnis lain. Jika kita siap untuk menerima keuntungan usaha, sebaliknya kita juga harus siap menerima resiko kerugian. Namun begitu, kita bisa me-minimalisir resiko itu dengan skill SDM dan management pemeliharaan yang benar. Demikian, salam kandang bambu :)

23 09 2010
teguh

salam ettawa mas saya mau kenal lebih dekat saya juga berternak dan pecinta ettawa di jombang alamat lengkap masnya di mana yah …… kalau ada waktu saya tak main ke malang untuk tukar pikiran dan aku mohon bimbinganya mas wassalam jaya selalu ettawa malang salam kenal teguh jombang

27 09 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas teguh, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Silahkan datang mas, alamat di Istana Gajayana A5. Salam kandang bambu :)

27 09 2010
teguh

Terimah kasih mas saya akan segera mampir ke alamat anda salam ettawa jombang

8 10 2010
teguh sutompo

maaf mas kita jumpa lagi saya mau mintak maaf mas saya belum bisa ke sana mas karna terbentur pekerjaan yang sangat banyak dan tak habis -habis mohon mas arif maklum.oya mas saya punya pejantan kira2 umur 2 thn dan yang satu umur 14 bln kepala hitam dua-duanya mas sebetulnya saya mau jual dulu .sebab di jombang untuk menjual masih agak sulit dangan harga agak tinggi sedikit .makasih mas wasalam

18 10 2010
kadek pipin FAPET UB

mas, saya tertarik ma Domba garutnya. hehehehe,,,, kira-kira harga anakan lepas sapih untuk Domba garut jantan dan betina berapa ya??? thanks,,,

20 10 2010
Arief Rachman W.

Maaf dik Pipin, untuk domba garut saya tidak terlalu menguasai. Itu milik kawan peternak di ngantang, salam kandang bambu :)

10 01 2011
dadi

Numpang Jawab nih Mas Arief untuk Mas Kadek Pipin, meskipun mungkin sudah telat.
Mas Kadek, kebetulan saya seorang peternak Domba Garut yang berlokasi di Cianjur – Jawa Barat. Harga anakan domba garut lepas sapih bervariasi tergantung dari kualitasnya, juga tergantung dari asal indukannya. Umumnya harga anakan domba garut berkisar antara 750 ribu – 1 juta jantan, 500 – 750 rb betina. untuk lebih jelasnya Mas Kadek bisa hubungi saya di 087820099732 (sms dulu) atau bisa via FB di fajar.gumati@gmail.com. Thank’s buat Mas Arief.

24 11 2010
etawa fans

salam kenal mas arif
saya pingin tau lebih banyak tentang kambing, apa bisa maen kesana sewktu2 ato harus janjian dulu……
thanks……………

25 11 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Aduman, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Silahkan pak, sebaiknya janjian dulu jika ingin sekalian bertemu saya. Salam kandang bambu :)

25 11 2010
etawa fans

luar biasa mas arif
saya jg pingin blajar banyak ttg beternak dan ingin segera mewujudkan sperti yg mas arif jalankan sekarang…….
terima kasih banyak, smoga mas arif bertambah sukses…………..

25 11 2010
Arief Rachman W.

Terimakasih pak, saya masih biasa-biasa saja belum ada apa-apanya. Masih banyak peternak lain yang lebih baik, saya doakan rencana baik anda di ridhoi-NYA. Semoga jauh lebih sukses dari saya pak, salam kandang bambu :)

28 11 2010
ade

mas, punten kandang domba untuk domba garutnya bisa dari bambu gak? kalo lihat rata-rata banyak dari kayu buatnya. Oh ya terimakasih atas informasi perkandangan domba dan kambingnya.

29 11 2010
Arief Rachman W.

Menurut saya kandang bisa dibuat dari bambu mas, tinggal bentuk konstruksinya saja. Bambu adalah salah satu material pembuatan kandang yang hemat dan cukup kuat. Salam kandang bambu :)

11 12 2010
Denny

Salam etawa boz…saya pnggemar etawa dr wonogiri

20 12 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Denny, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Salam kandang bambu :)

15 12 2010
Denny

Mas mau tanya apa bnar dedak padi(bekatul) menghambat produksi susu…

20 12 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Denny, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Saya kira selama pemberiannya tepat, tidak benar jika bekatul menghambat produksi susu. Setau saya dedak padi adalah salah satu limbah pertanian yang direkomendasikan sebagai salah satu campuran konsentrat pakan ternak. Salam kandang bambu :)

20 12 2010
Hendra

Assalamualaykum Mas Arief…. mau nanya ni Mas… kmaren cempe saya berumur 15 hari mendadak kejang dan badannya kaku, awal mulanya tali pusarnya coplok sebelum waktunya disertai kondisinya yang semakin gak sehat… apa semuanya itu disebabkan coploknya pusar sebelum waktunya..? apa ada obat yang bisa menyembuhkan kondisi seperti ini…? sebelumnya saya sudah menghubungi dokter hewan, ktnya penyebab kondisi seperti ini karena kekurangan mineral… apa benar begitu…? mohon penjelasannya.. Matur Nuwun….

21 12 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam mas Hendra, Merunut dari cerita anda kemungkinan besar kejangnya cempe disebabkan adanya infeksi pada pusarnya. Sangat disarankan setelah lahir, cempe segera dibersihkan, dipotong tali pusar, diikat pada pangkalnya dan di lumuri dengan betadin. Kejadian seperti yang anda alami biasanya sedikit sulit disembuhkan, terapi medis yang bisa dilakukan biasanya adalah pemberian suntikan antibiotik. Demikian semoga bermanfaat, salam kandang bambu :)

22 12 2010
Denny

Matur nuwun pak atas infonya salam kandang bambu…^_^

27 12 2010
Arief Rachman W.

Sama-sama mas Denny, salam kandang bambu :)

27 12 2010
Hendra

Matur Nuwun Mas Arief atas bagi2 ilumunya….. smoga tambah sukses…. Salam Kandang Bambu…

27 12 2010
Arief Rachman W.

Sama-sama mas hendra, sukses juga buat anda dan keluarga. Salam kandang bambu :)

30 12 2010
yanuar

mas arif klo boleh tahu saya minta alamat lengkap kandang bambu dan no Hp mas arif?? karena saya pengen belajar banyak tentang ternak kambing etawa.

31 12 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Yanuar, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. no hp saya 081334612246, alamat lengkapnya ada di link berikut: http://kandangbambu.wordpress.com/contact-us/
Salam kandang bambu :)

13 01 2011
joko sudaryoko

salam kenal?teko arek lampung

12 03 2011
fiqhan

jumpa lagi mas! kalau bisa anaknya oshim ditampilkan dengan jelas, terus terang saya penasaran dengan anaknya!

21 03 2011
Arief Rachman W.

Anak Oshin sudah laku tahun lalu mas, jadi mohon maaf saya tidak bisa mengupload lagi. salam kandang bambu :)

16 03 2011
fiqhan

mas!apakah kambing betina yang gak dikawinkan selama 2 tahun lebih pertumbuhan sangat besar? apakah kambing etawa yang besar dilihat babon atau nenek moyangnya? thanks

21 03 2011
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas Fiqhan, pertumbuhan seekor kambing tidak hanya karena faktor ditunda proses kawinnya. Genetik atau keturunannya juga sangat berpengaruh, juga kualitas perawatan dan asupan nutrisi pakanyang diberikan. Demikian sedikit yang saya ketahui, salam kandang bambu :)

16 04 2011
hendra

salam kenal mas..
mas klo boleh tau didaerah malang, populasi yang banyak ternak kambing PE yang di perah itu daerah mana???

29 04 2011
Agus Setiawan

Hallo Mas Balas dong, Saya ada dilampung. mungkin ngak ya kalau pesen kambing bisa diantar?

4 11 2011
Achmad Badrut Tamam (081803048567)

Klo mau lihat koleksi kambingnya bisa ndak mas. Kebetulan saya ingin memulai bisnis kambing ini & sekarang saya aktif di daerah malang.

2 03 2012
drh.muhammad yanis

salam knal mas arief…saya drh.muhammad yanis dari aceh.
saya tertarik dengan usaha mas arief…saya ingin belajar banyak dari mas cara memelihara kambing yang baik…

8 05 2012
adi

Asyik eui ternak kambing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: