Ingin Kelahiran Cempe Dominan Betina? Coba Tips Berikut…

2 08 2010

Alhamdulillah fungsi dari forum diskusi kandang bambu mulai nanpak, ada satu tips dan pengalaman beternak dari rekan peternak kita di CILACAP, JATENG beliau adalah mas NIZAR.  Beliau berbagi tps untuk kita para peternak kambing perah, agar kelahiran cempe didominasi oleh jenis kelamin betina. Lebih lengkapnya, silahkan simak dan perhatikan tulisan mas Nizar berikut ini:

Cempe betina merupakan idaman bagi semua peternak kambing perah. Apalagi jika induknya merupakan penghasil susu yang unggul, pasti kita mengharapkan anak betina sebagai generasi penerusnya. Berdasarkan pengalaman saya, secara alami kambing menghasilkan 60-65% anakan jantan. Sebagai peternak kambing perah, kenyataan ini kurang menguntungkan. Apalagi bagi peternak yang sedang melakukan program pemuliaan bibit. Sayapun mencoba berbagai teori dari beberapa literatur maupun saran dari rekan2 peternak. Dari serangkaian percobaan yang saya lakukan, ada satu perlakuan yang cukup efektif untuk merubah rasio anakan jantan dan betina hingga 20:80 untuk anakan betina. Caranya : kawinkan kambing pada 1/3 akhir dari waktu birahi. Biasanya kambing birahi mulai pagi hari, maka kawinkan selepas maghrib atau mendekati maghrib.

Sebelum dikawinkan, semprot alat kelamin induk dengan larutan asam cuka (yang untuk masak) dengan campuran 2 sendok makan asam cuka dicampur 200ml air matang (aqua). Gunakan bantuan alat spekulum untuk (maaf) membuka alat kelamin induk tersebut supaya larutan asam cuka yang kita semprotkan bisa masuk sampai kedepan lubang serviks. Gunanya supaya bisa dipastikan bahwa suasana didepan lubang serviks PH nya menjadi asam. PH asam sangat disukai kromosom X sebagai pembawa kelamin betina. Sebaliknya kromosom Y sebagai pembawa kelamin jantan tidak tahan suasana asam. Insya Allah dengan demikian anda akan mendapatkan lebih banyak anakan betina dibanding jantan. Buktikan!

Penulis: NIZAR, peternak CILACAPi

Sumber tulisan: http://forum.kandangbambu.com/viewtopic.php?f=4&t=18&p=26#p26

Sumber gambar: http://www.google.co.id/imglanding?q=cempe%20betina&imgurl=http://www.kambingetawa.org/wp-content/uploads/2009/03/pict0022.jpg&imgrefurl=http://www.kambingetawa.org/siklus-birahi-kambing-etawa.html&usg=__uc5UObPEizT73bnuQGLYAieM8zo=&h=230&w=307&sz=91&hl=id&um=1&itbs=1&tbnid=_B8wOJ0vqO745M:&tbnh=88&tbnw=117&prev=/images%3Fq%3Dcempe%2Bbetina%26start%3D100%26um%3D1%26hl%3Did%26sa%3DN%26ndsp%3D20%26tbs%3Disch:1&start=104&um=1&sa=N&ndsp=20&tbs=isch:1

About these ads

Aksi

Information

45 responses

2 08 2010
Mutaji

Mas Nizar … masa birahi biasanya berapa jam…? atau kalau kambing yang susah datang birahinya agar cepat birahi gimana tips nya Mas….. tks

2 08 2010
Mutaji

O.. ya Mas….. larutan yang 2 sendok dan air 200 ml itu dimasukkan semua atau sebagian saja. tks tenan

2 08 2010
Nizar

Ralat mas Arief, saya dari Cilacap Jateng bukan Pati.
Buat Pak Mutaji, masa birahi kambing biasanya berlaku 24 jam sampai 36 jam. Tapi paling aman biar gak kelewat waktunya, kawinkan 12-16 jam setelah kambing betina menunjukkan gejala minta kawin (bukan cuma keluar lendir). Karena kadang lendir sudah keluar sehari sebelum kambing tsb mau dikawini pejantan. Disini dibutuhkan pengamatan yang jeli dari peternak. Larutan yang dimasukkan cukup beberapa kali semprotan saja menggunakan semprotan burung. Jangan semua larutan dimasukkan pak. Campuran 200 ml itu bisa untuk sepuluh ekor lebih.

2 08 2010
Arief Rachman W.

Ok mas Nizar, info telah diperbaiki. Terimakasih atas sharingnya, salam kandang bambu:)

2 08 2010
Mutaji

Terima kasih Mas…. Cilacap tepatnya dimana Mas…. saya ada keluarga di Kalisabuk – Kesugihan – Cilacap, siapa tahu nanti bisa mampir. tks

2 08 2010
imran

wah satu lagi keberkahan silaturrahim. bertambah ilmu. semoga jadi ilmu yg tentunya sangat bermanfaat dunia akhirat

2 08 2010
Wahyu

Mas Nizar,
Terima kasih atas sharing ‘ilmu’nya …
Mudah-mudahan saya bisa praktek dan berhasil memperbanyak indukan saya.
Saya dari Ajibarang, tapi sekarang domisili di Lumajang.

3 08 2010
Asep M.

Dear Mas Nizar,
Dimana beli alat spekulum?
Apakah ada alternatif lain kalo susah ditemukan, apakah bisa jika hanya membuka dengan jari kita lalu dispray?
Terimakasih.
Salam.

Asep M.

3 08 2010
Nizar

Saya Cilacapnya di gumilir Pak Mutaji, monggo mampir kalo kesana. Kalo kambing susah birahi sih cara yang paling gampang di campurkan dengan pejantan sampai birahi. Biasanya gak pernah gagal, hampir pasti terpancing birahi. Hanya saja waktunya bisa hitungan hari sampai minggu.
Mas Asep, beli spekulumnya di toko alat kesehatan atau di apotik yang jual alat2 kesehatan, InsAllah ada. Pake jari gak efektif.

4 08 2010
Mutaji

Ok Mas… mudah2an suatu saat bisa mampir kalau saya pas ke cilacap, o…ya Mas… punya pengalaman gak kalau pejantan yang kurang giras apa obatnya ? tks

4 08 2010
Asep M.

Mas Nizar,
Terimakasih atas pencerahannya.
Salam,

Asep M.

5 08 2010
Nizar

Saya ada pengalaman pejantan kurang giras/brancah. Cara yg instan suntik dengan hormon testosteron dosis lihat kemasan. Tapi cara ini membuat kambing ketagihan, kalo efek hormonnya sudah hilang maka pejantan kembali lg gak giras. Jd hrs disuntik trs secara berkala. Ada lg dengan cara yang lbh alami, yaitu dgn diberi temu lawak, temu kuning, dan kunyit serta jahe masing2 sebesar dua ruas jari. Gerus sampe lembut, cekokkan ke kambing 2X sehari. Setelah 3-4 hari biasanya mulai ada pengaruh terhadap nafsu makan dan kelincahan. berikan terus sampe 2 minggu berturut2, biasanya kambing akan terlihat semakin sehat dan gerakannya aktif. Nafsu kawinnya jg biasanya akan naik dengan sendirinya seiring dengan kebugaran tubuhnya. Dan ini efeknya lebih langgeng drpd suntikan hormon.

5 08 2010
Mutaji

Makasih Mas… sharing pengalamanya…o..ya Mas temu kuning itu apa istilah jowone… apa puyang..??? kalo di jawa timur…

18 08 2010
lukman hakim

oh ya mas nizar, saya punya kendala untuk penyakit pernafasan pada kambing saya yang baru saya beli, gejalanya kambingnya selalu ketakutan dan sering mengeluarkan bunyi aneh ketika bernapas dan nafsu makannya ga seperti kebanyakan kambing yang lain, itu obatnya apa??? adalagi pemakaian glandine / neoropros sebagai perangsang dan menyerentakkan birahi untuk kambing betina itu berbahaya ga??? dan yang terakhir gimana caranya mengatasi perbedaan suhu tinggal pada kambing, soalnya beberapa kambing yang saya pindahkan dari daerah yang agak dingin menuju daerah panas pasti mengalami pilek dan menurunnya nafsu makan dan mengalami defisit pada berat badannya, gimana cara mengatasinya……. terima kasih.
oh ya bisa minta taftar nama obat dan kegunaannya… salam bambu….

20 08 2010
Nizar

mas lukman, penyakit pernafasan disebut jg pneumonia. gejalanya persis spt yang mas lukman sebutkan dan kebanyakan kambing berat badannya tidak bisa naik alias stagnan. jika ditangani dgn benar jarang sekali menimbulkan kematian. pengobatannya suntik dgn antibiotik berbahan aktif oxytetracyclin atau spyromicin atau neomycin dosisnya liat kemasan (biasanya 1ml/10kg BB) selama 5 hari berturut-turut 1x per hari. disamping itu berikan juga ramuan tradisional untuk mempercepat pemulihan fisiknya dengan diberi ramuan temu lawak, temu kuning, dan kunyit serta jahe masing2 sebesar dua ruas jari. Gerus sampe lembut, cekokkan ke kambing 2X sehari selama 2-4 minggu.
Saya blm pernah memakai glandine / neoropros untuk penyerentakan birahi jd maaf sy gak bs komentar.
sebagaimana pada manusia, pilek pada kambing itu biasa terjadi. pergantian musim, perpindahan daerah tinggal dan perjalanan jauh jg bisa memicu pilek. pengalaman saya pilek asal tidak terlalu parah dibiarkan saja jg sembuh sendiri. tp kalo dah parah sampe gak doyan makan bs dibantu dengan ramuan tradisional tadi atau suntik dengan antibiotik seperti diatas.

20 08 2010
kentang

Siip….
Makin Banyak Ilmu bagi kita….
Berjayalah Peternak Kambing PE…..

23 08 2010
Mutaji

Mas Nizar….. mohon bisa dikasih penjelasan tentang cara injeksi yang benar… masalahnya saya pernah injeksi sakit gatal2 waktu itu saya injeksi dibawah kulit tapi beberapa hari obat masih terasa benjol dibawah kulit dan baru sekitar 15 hari baru hilang……

Wassalam

23 08 2010
Nizar

Kalo kejadiannya spt itu biasanya menginjeksinya bukan dibawah kulit melainkan didalam kulit alias kurang masuk dikit. untuk memastikan bahwa jarum suntik posisinya dibawah kulit cara mudahnya : suntikkan dulu sampai agak masuk kedaging setelah itu tarik jarum bersamaan dgn kulitnya sehingga terasa jarum terangkat dari daging dan terasa ada area kosong didalam. InsyaAllah kalo sudah terasa spt itu posisi jarum benar2 dibawah kulit diatas daging. Perasaan tangan anda dlm hal ini dibutuhkan untuk membedakan dimana letak ujung jarum berada. semakin sering menyuntik semakin peka tangan anda.

29 08 2010
waluyo

mas nizar boleh minta alamat lengkap dan nmr hp . saya asli maos masih diluar negeri tahun depan insya allah pulang kampung. ingin usaha ternak .kalo bisa ketemu langsung saya ingin belejar banyak.terimakasih salam kenal wong clacap

31 08 2010
Nizar

08122993406 atau 087736973406. sama-sama belajar aja mas. saya jg msh belajar sama peternak-peternak yang lain. saling bagi pengetahuan kan jadi banyak stok ilmunya.

3 09 2010
waluyo

ok makasih kalo udah pulang insya alloh silaturokhim ke gumilir

5 09 2010
waluyo

mas saya baca2 kambing jenis boer paling bagus untuk pedaging.di cilacap sudah ada apa belum yang mengembangkan?

5 09 2010
fiqhan

salam kenal mas! saya peternak baru mas! apa ciri2 kambing yang udah positif hamil? kalau indukan dijadikan satu kandang dengan pejantan apa gak sulit nyetak anakan betina sulit mas! karena birahi langsung kawin, apa gak cukup didekatkan aja, dengan disekat/trims mas!

6 09 2010
fiqhan

oh ya mas Nizar! gimana cara membuat pakan konsentrat? bagaimana kalau kambing tiap hari dikasih pakan kosentrat? trimakasih sharring ilmunya.

24 09 2010
dewata

kalo ingin dominan cempe jantan caranya bagaimana?? trims

26 09 2010
Nizar

Kalo ingin cempe dominan jantan, kawinkan pagi hari. sebelum dikawinkan induk disemprot seperti cara diatas hanya saja campurannya bukan asam cuka melainkan air soda (mis : sprite) yg tanpa rasa dan tanpa pemanis. komposisinya 2 sendok makan air soda campur dengan 200 ml air aqua/air matang.
Mas Fiqhan, mencampurkan betina satu kandang dengan pejantan memang akan menyulitkan mencetak jenis kelamin anakan, itu berlaku untuk keadaan yang tidak normal saja. Daripada induk gak pernah bunting, kan lebih baik bunting. Apapun jenis kelamin anaknya tetap menguntungkan. Cara membuat pakan konsentrat sdh banyak literaturnya dibuku2 maupun diinternet, tinggal dicoba aja.

6 10 2010
humaidulloh

agak lain tema nih.. kalo obat untuk kambing yang kena gatal-gatal kulit jadi tebal di sekitar mulut dan kuping pake apa ya mas?.. maksih sebelumnya

7 10 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Humaidulloh, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Ciri penyakit yang anda sebutkan sepertinya mengarah pada scarbies, penyakit ini disebabkan oleh tungau sarkoptes. Lebih suka berkembang di permukaan tubuh yang jarang rambutnya, seperti muka dan telinga. Kambing yang terserang scarbies biasanya mengalami kegatalan dan penebalan.
Pengobatan bisa dilakukan dengan injeksi ivermectin secara sub kutan. Suntikan diulang setelah 10-14 hari setelah suntikan pertama, demikian semoga membantu. Salam kandang bambu :)

12 10 2010
humaidulloh

salam kenal juga hehehe. makasih mas info nya kemaren dah di suntik mudah2an pada sembuh , … oi ya.. ni lagi punya kasus betina dah siap lahirin kalo gak salah itung, sudah keluar darah dan lendir di jalan peranakan (seperti mau kelahiran pada umumnya) dua kali. tapi kok sekarang kambingnya ga juga melahirkan, ada kekawatiran apa salah posisi janin, or mati di dalam kandungan ?. tapi kok sang induk baik2 aja.. mohon pencerahan mas,, thanx full

20 10 2010
Yossy

Salam kenal buat Mas nizar.
Saya peternak baru cm mo tany,biasany berapa minggu induk yg br keguguran minta kawin lagi. Mksh u/ infonya. Wassalam

23 10 2010
uyunmuzizah

ass mas saya punya 2 ekor kambing tp kok telat birahi padahal anaknya udah berumur 6 bulan gimana ya mas supaya cepet birahi lg soalnya yg lain udah pada bunting tgl 2 aja yg belum bunting.makasih dan waslm.

29 10 2010
seno

Kalau kambing biar dominan lahir jantan bagaimana caranya

29 10 2010
seno

Saya punya kambing 30 ekor ,hanya saya pengen anak kambing biar dominan jantan ,tapi kambing saya kambing kacang istilah di kalimantan

9 12 2010
adi

Assalam

Mas Nizar salam kenal

Mas kalo kawin suntik gimana caranya ?
Mas Nazar punya informasi dimana bisa beli semen/mani beku kambing Boer
katanya pusatnya di Malang (Indonesiaboerfarm) tapi saya sudah coba tapi kok ga diangkat-angkat barangkali Mas Nizar punya info tolong di share
matur nuwun

Wassalam

17 12 2010
Nizar

Setahu saya semen beku kambing boer ada di Universitas Brawijaya Malang. Coba hub mas arief, beliau domisilinya kan dimalang. InsyaAllah punya info/akses kesana.

25 12 2010
Denny

Bgus bgt boz artikelnya maju trz ptrnak”etawa di indonesia raya…

27 12 2010
Arief Rachman W.

Terimakasih mas Denny, salam kandang bambu :)

10 01 2011
adi sgs

mas alamat njenengan + kandang bambu dimana? saya lagi mau dapat amanah membuat breeding kambing kecil2an nich, barangkali bisa mbantu saya tq

10 01 2011
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Adi, terimakasih telah mengunjungi kadnang bambu weblog. Anda bisa menghubungi saya di 081334612246

10 01 2011
Syaiful

bagaimana tips mendapatkan anakan etawa super..terimakasih

20 01 2011
Denny

Ass mas arif..mau nanya nih??ciri”kmbing betina yg mandul(majer)tu bgmna ya??soalnya saya dah2X Trkecoh beli kmbing majer..trma ksh slm kndang bambu

12 03 2011
fahri

mas nizar salam kenal ini dari malang mas apa sih nama jawa timuran /malangan temu kuning itu mas terima kasih mas

7 05 2011
moch suhud

trima kasih mas NIZAR tipsnya, kebetulan sekali dan pasti saya coba soalnya kambing saya memang sering sekali kalau melahirkan keluarnta jantan, mungkin setelah ikut tipsnya samean bisa betina semua.
akan saya coba besok sore

4 10 2011
sugeng dwi s

mas Arief R. saya mau tanya untuk pemula yang mau belajar beternak kambing etawa kira” berapa yah modal minimum yang dibutuhkan untuk pembelian kambing dan pembuatan kandanganya. thanks n sukses selalu untuk kandang bambu

5 03 2012
sarwo eddy

mas nizar,
kambing saya dah 4 bulan melahirkan. tp sampai saat ini belum keluar birahinya padahal kambing tetangga saya baru 2-3 bln dah keluar birahinya gimana caranya agar kambing saya cepat keluar birahinya trims.. bantuannya mas…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: