Cara Pemberian Pakan yang Efektif Pada Ternak Kambing Perah

24 02 2010

Kecukupan nutrisi pokok  pada ternak kambing perah harus diperhatikan. Kebutuhan nutrisi tersebut digunakan untuk pertumbuhan, reproduksi, laktasi, gerak dan kerja. Oleh karena itu, pemberian pakan haruslah memperhitungkan semua kebutuhan tersebut. Dengan kata lain, pemberian pakan disesusaikan dengan kebutuhan ternak.

Hijauan merupakan pakan utama bagi ternak kambing perah. Namun demikian, pemberian pakan penguat (konsentrat) sangat diperlukan agar ternak dapat berproduksi optimal. Pakan hijauan yang diberikan minimal terdiri dari 3 macam hijauan, yaitu jenis rumput, legume (kacang2an) dan daun-daunan. Adapun jenis pakan penguat (tambahan) berupa campuran beberapa limbah hasil pertanian, seperti dedak padi, dedak gandum (polard), bungkil inti sawit, bungkil kelapa, molasses serta mineral dan vitamin.

1.Pakan untuk kebutuhan hidup utama ternak kambing perah

Kebutuhan gizi untuk kebutuhan hidup pokok pada ternak kambing perah, merupakan kebutuhan yang paling rendah dalam siklus hidupnya. Umumnya kebutuhan ini dapat dipenuhi dari asupan pakan hijauan. Kambing perah akan memperoleh gizi, khususnya energy dan protein untuk kebutuhan hidup utamanya dari hijauan berkualitas baik. Apabila kualitas pakan hijauan yang diberikan kurang baik, ternak perlu diberikan pakan tambahan, seperti dedak padi dan onggok.

Pemberian pakan hijauan dari jenis legum (kacang2an) akan menambah pemenuhan kebutuhan protein pada ternak kambing perah. Cara ini yang paling mudah dan murah dilaksanakan oleh peternak dipedesaan. Beberapa makanan ternak jenis legume yang banyak ditanam  adalah lamtoro, kaliandra, glirisidia dan turi. Adapun penambahan mineral sangat dianjurkan untuk mengatasi kemungkinan kurangnya asupan mineral dari pakan hijauan. Beberapa mineral yang bisa diberikan adalah garam dapur, kapur, tepung tulang dan mineral mix.

2.Pemberian pakan saat ternak dalam masa kawin

Salah satu upaya untuk meningkatkan keungkinan kelahiran kembar, 2-3 minggu sebelum masa kawin ternak diberi pakan kualitas baik (flushing). Contohnya, pemberian pakan konsentrat dengan kandungan protein kasar (PK) 18-20% sebanyak 1-1.5 kg/ekor. Setelah kawin, pakan hijauan yang diberikan ditingkatkan secara bertahap, baik jumlah dan kualitasnya. Pemberian pakan hijauan dengan cara dicampur  (rumput+daun-daunan /legume, dan limbah hasil pertanian) sangat baik untuk ternak kambing perah anda.

3.Pemberian pakan saat ternak kambing perah bunting

Ternak bunting memerlukan jumlah pakan lebih banyak dari ternak yang tidak bunting. Pakan tersebut digunakan untuk pertumbuhan cempe yang dikandungnya dan untuk si induk. Saat usia kebuntingan 3 bulan, kebutuhan gizi sangat tinggi. Hampir 70-75% pertumbuhan cempe yang dikandung terjadi pada masa ini. Oleh karena itu, kambing bunting harus diberikan pakan dalam jumlah yang cukup dan berkualitas baik, terutama kandaungan protein dan energy. Kekurangan gizi pada saat induk bunting akan mengakibatkan berat lahir anak yang rendah, lemah dan ahirnya mati.

Pemberian pakan harus memperhatikan kondisi ternak jangan sampai berlebihan (overfeed), terutama pada induk muda. Pemberian pakan yang terlalu banyak saat induk bunting menyebabkan janin cempe terlalu besar sehingga mempersulit proses kelahiran. Oleh karena itu pemberian pakan harus dalam jumlah cukup dengan kandungan gizi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan ternak.

Berikut ini adalah cara pemberian pakan untuk kambing perah pada kondisi bunting:

-Beri pakan hijauan rumput dan legume dalam jumlah berlebih (ad libitum) denga perbandingan 60% rumput dan 40% legume/dedaunan.

-Beri pakan tambahan yang memiliki kandungan protein kasar (PK) 14-16% sebanyak 0.5-1kg/hari. Penambahan pakan sumber protein (konsentrat) 0.5-1kg atau bisa juga diganti dengan umbi-umbian (singkong. Ketela rambat) atau limbah agroindustri seperti ampas tahu, ampas tempe, ampas bier dan bungkil inti sawit. Pemberian pakan tambahan tersebut sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi gizi induk bunting.

-Air selalu tersedia secara bebas

-Berikan tambahan mineral blok (garam) untuk mengatasi kemungkinan kekurangan mineral dalam pakan.

4.Pakan induk menyusui dan pakan anak sebelum sapih.

Pada saat menyusui (laktasi) kebutuhan pakan induk dan anaknya merupakan satu kesatuan. Pada anak yang menyusu langsung pada induknya, konsumsi pakan anak tergantung dari banyaknya susu induk yang dihasilkan.

A.Pakan Induk Menyusui

Induk menyusui membutuhkan asupan nutrisi pakan paling banyak dibandingkan fase fisiologis lainnya. Hal ini dikarenakan induk menyusui memerlukan gizi untuk proses menyusui selain kebutuhan gizi untuk perbaikan kondisi tubuhnya pasca melahirkan. Pakan induk menyusui paling tidak membutuhkan pakan yang mengandung protein kasar 14-16%. Pakan jenis hijauan sebaiknya diberikan dengan porsi berlebih dengan rasio hijauan jenis rumput 50% dan jenis legume 50%. Pakan tambahan diberikan dengan kadar protein kering 14-16% sebanyak 0.5 hingga 1 kg/ekor/hari tergantung banyak tidaknya produksi susunya.

Pemberian tambahan mineral sangat diajurkan pada kondisi ini, tujuannya untuk menghindarkan kekurangan mineral bagi si induk laktasi. Jenis pakan mineral yang diberikan bisa mineral blok atau mineral komplit yang banyak dijual ditoko pakan ternak setempat.

B.Pakan untuk anakan kambing perah sebelum sapih

Usia Cempe Jenis Pakan yang Diberikan
1-3 hari Kolustrum Induk
4-7 hari 500-600cc/hari susu induk. Diberikan 3-4 kali per hari
2 minggu 800cc/hari campuran susu induk dengan susu sapi (50:50), diberikan 3-4 kali/hari
3-4 minggu 1 ltr susu sapi diberikan 3 kali/hari

Mulai usia 4 minggu, cempe diperkenalkan dengan pakan padat (hijauan/konsentrat) untuk merangsang perkembangan rumen. Pakan konsentrat yang diberikan harus berkualitas baik dengan kandungan protein kasar 15-18%. Contoh adalah sebagai berikut:

-Dedak padi          : 10-15%

-Pollard                 : 15-20%

-Bungkil kedelai : 15-20%

-Onggok                : 25-30%

-Bungkil kelapa  : 10-15%

-Molases                : 5-10%

-Mineral mix      : 1-2%

5-8 minggu 1.5-2ltr susu sapi/hari + rumput/legum + konsentrat
9-10 minggu Sama seperti diatas, namun pemberiannya 2 kali sehari
11-12 minggu Pemberian susu sapi sekali sehari (jumlahnya dikurangi hingga 1ltr/hari). Pakan hijauan dan konsentrat tersedia setiap saat. Air minum mulai diperkenalkan.

Sumber table: Sutama,Budiarsana. Panduan Lengkap Kambing & Domba, Penebar Swadaya 2009, hal 77-78.

Demikian sedikit informasi yang dapat Kandang Bambu sampaikan untuk semua peternak kambing perah dan pemirsa weblog kami, semoga bermanfaat dan menambah wawaasan kita semua. Salam Kandang Bambu:)


Sumber :

Sutama,Budiarsana. Panduan Lengkap Kambing & Domba, Penebar Swadaya 2009.


About these ads

Aksi

Information

45 responses

25 02 2010
Asep Mulyana

Kang Arif,
Terimakasih share infonya yang sangat bermanfaat,majulah peternak Indonesia.
Salam,

Asep M.

25 02 2010
Arief Rachman W.

Sama-sama kang, sukses juga buat Exotic Farm anda. Salam Kandang Bambu:)

25 02 2010
kambingonline

Artikelnya bagus , Cukup bermanfaat . Kebanyakan peternak jarang memperhatikan takaran pakan per kondisi kambing . Padahal tiap – tiap kondisi kambing berbeda – beda kebutuhan konsumsi makanannya .

Terimakasih

26 02 2010
Arief Rachman W.

Tengkyu commentnya kang wahid, salam kandang bambu:)

28 10 2010
Lingga

Sebagai INFO bagi bloger “Kandang Bambu Management” bagi yg memerlukan pakan ternak berupa “Mollase (tetes tebu)” untuk wilayah bandung dan sekitarnya dapat menghubungi di: 022-92105847 atau 081322334041 semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu bagi bloger “Kandang Bambu Management” khususnya.

25 02 2010
bondandk

satu tambahan sedikit, selain makanan berkualitas prima, untuk menciptakan anakan kembar 2, dibutuhkan genetik anak kembar, baik itu dari tetua jantan, maupun tetua si betina. oleh karena itu dibutuhkan data recording yang jelas untuk bisa mendeteksi secra dini.

(numpang iklan bos),,,,,,,
bagi rekan-rekan peternak yang ingin menyimak tata cara dan format pengisian akte kelahiran/registrasi kelahiran masing2 kambing bisa di lihat di facebook saya kambingetawa galeri, http://www.kambingetawa.blogspot.com atau di http://www.kambingetawa.net atau di http://www.kambing online.net

dengan tertip recording kita seluruh peternak bisa dengan mudah melacak alur genetik masing-masing ternak yang akan dibeli..

thanks mas arif, sukses selalu

26 02 2010
Arief Rachman W.

Setuju pak bondan, tengkyu masukannya. Sukses juga buat bumiku hijau, salam kandang bambu:)

27 02 2010
Lare Angon

Artikelnya bagus, sumbernya jelas tercantum dan setelah saya browsing kesana kemari wblog yang rajin merepaly question pengunjungnya ya wblognya mas Arief bagus… bagus….. mas lanjutkan

Salam mbek++++

1 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak maryadi, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Terimakasih atas suportnya, salam kandang bambu:)

21 12 2011
ibnuhamzah

klo kambing.y kurus bagaimana menggemukanya.y

3 03 2010
wong desa

Salam knal bos dari saya.Mau nanya ni mas Arif kalau di tepat saya kalau memberi mkan dikasih tambahan tetes tebu[namanya lupa bos pokoknya limbah dari pabrik gula itu lo bos]apakah bagus buat pertumbuhan kambing.trim bos maju trus blognya

4 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas agus sutrisno, terimakasih telah mendukung dan mengunjungi kandang bambu weblog. Mungkin yang anda maksud adalah limbah penggilingan tebu dari pabrik gula yang juga dikenal sebagai molases (tetes tebu). Molases biasa diberikan sebagai campuran pakan ternak kambing, utamanya untuk menambah asupan energi bagi ternak. Menurut saya pemberian molases cukup bagus sebagai penambah nutrisi pada pakan ternak, tentunya dengan perbandingan rasio ransum pakan dan pemberian yang tepat akan bagus untuk pertumbuhan ternak kambing anda. Salam kandang bambu:)

6 03 2010
Dedy

Sugeng dalu Mas Arif,
Assalamualaikum..

Ketemu lagi mas, iya artikelnya cukup detail dan jelas.. Gak usah beli buku ya mas, cukup buka kandang bambu udah dapat pelajaran.. Mas minta info nih bisa gak kasi alamat peternak yang ada di jawa tengah, seperti di kaligesing, bantul dan sekitarnya.. insya allah ada rencana mo ke sana ma temen sekitar bulan april, kasi alamat yang jelas ya mas.. pokoknya 2 hari bisa dapat berkunjung kira-kira 4 – 6 lokasi gitu.. ditunggu ya mas.. terima kasih banyak buat bantuannya..

salam..
Dedy

10 03 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, jumpa lagi mas dedy. Peternak kambing PE di daerah jawa tengah cukup banyak mas, saya tidak hafal bener alamat detilnya. Mungkin mas dedy bisa minta bantuan pak bondan untuk info detil peternak di jawa tengah. Alamat kontak pak bondan akan saya berikan via email ke dedytjahyono@yahoo.com.
Salam kandang bambu:)

13 03 2010
Dedy

Malam mas Arif,

Sebelumnya terima kasih atas bantuannya, giaman kabarnya mas..iya mas rencana bulan April insya allah akan jalan-jalan ma temen ke jawa tengah, ceritanya wisata kambing mas, heheh.. Kalo tempatnya pak bondan sama mbah sambyah deket gak mas..?? Mas vitamin B komplek untuk kambing itu fungsinya untuk apa ya mas.. sama nggak dengan vit B komplek untuk manusia..

Salam,

17 03 2010
Arief Rachman W.

Maaf mas, lama balesnya. Kebetulan saya sedikit sibuk ngurusin pelatihan kambing perah, mohon maklum:) Tempat mbah syambjah tidak jauh dari farmpak bondan, sekitar 30 menit perjalanan menggunakan mobil, tepatnya di daerah girikerto, Turi-Sleman.
Informasi yang saya peroleh vitamin B kompleks adalah kombinasi Vitamin B yang seimbang dan esensial untuk manjalankan fungsi fungsi fisiologis pada ternak kambing.
Fungsi vitamin B kompleks tersebut adalah untuk :
1. Mencegah dan mengobati defisiensi Vitamin B pada ternak
2. Mencegah stres pada ternak akibat vaksinasi, transportasi , kelembaban yang suhu tinggi, perubahan suhu yang ekstrim dan penyakit
3. Memperbaiki konversi pakan.
Cara pemberian pada ternak kambing adalah: secara subkutan atau intramuskular, dengan dosis 5-10 ml.
Demikian yang bisa saya uraikan, semoga bermanfaat. Salam kandang bambu:)

11 03 2010
yusuf

Assalam m…

Apa kabar mas arief,
Luar biasa masih terus update saja … saya turut senang demi kemajuan peternak ettawa kita semua. Artikel yang bagus dan bisa untuk acuan buat saya sebagai pemula dan masih yunior tentang bagaimana beternak kambing etawa.

Saya perhatikan ternyata mendekati kebenaran bahwa memiliki/memelihara etawa super/kelas A seperti seekor burung perkutut, dia bukan hanya seekor kambing tapi sudah menjadi ikon kebanggaan dan menyenangkan… jadi wajar bila makin hari harganya makin naik saja, atau ini mungkin hanya imajinasi saya , padahal saya belum punya etawa yang kelas super…lho

Saya sangat tertarik dengan foto etawa mas arief yang di facebook, melambangkan kegagahan dan kejantanan……serta kekuatan tapi juga menyenangkan. Mudah2an saya bisa punya yang seperti itu nantinya…doakan mas arief, amin.

wassalam m..

yusuf

13 03 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam warahmatullah… alhamdulillah kabar baik pak yusuf, semoga begitu pula dengan bapak sekeluarga. Senang bisa baca komen anda lagi di kandang bambu weblog, semoga masukan, kritik dan dukungan yang disampaikan oleh semua pemirsa kandang bambu menjadi sarana peningkat mutu weblog kami. Salam Kandang bambu:)

15 03 2010
dell

komposisi pakan per ekor kambing PE perhari?

16 03 2010
Arief Rachman W.

Terimakasih telah mengunjungi kandangbambu weblog, komposisi pakan bisa anda peroleh pada artikel berikut: http://kandangbambu.wordpress.com/2010/02/24/cara-pemberian-pakan-yang-efektif-pada-ternak-kambing-perah/

7 05 2010
maryadi

sy seorang peternak kambing lokal tertarik dengan sistem peternakan kambing perah, mohon kiranya bisa diberikan info tentang ransum ternak kambing perah, dan kira kira berapa hari kambing boleh di perah setelah beranak minta tolong infonya

8 05 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak Maryadi, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Tentang berapa hari kambing boleh diperah pasca melahirkan, setau saya adalah setelah sang induk tidak lagi mengeluarkan susu colustrum pak kurang lebih sekitar 7-10 harian. Info tentang ransum pakan mungkin bisa klik dan anda baca pada artikel kami berikut ini: http://kandangbambu.wordpress.com/2010/02/24/cara-pemberian-pakan-yang-efektif-pada-ternak-kambing-perah/
Semoga bisa membantu anda, salam kandang bambu:)

9 05 2010
Hilman Firmansyah

Assalammu’alaikum
untuk daerah seperti pandeglang bisa ngak untuk ternak kamping perah??

10 05 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal bapak Hilman terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Saya rasa setiap daerah relatif bisa digunakan untuk beternak kambing perah, yang penting di daerah tersebut tersedia cukup sumber pakan, baik hijauan dan pakan tambahan. Salam kandang bambu:)

2 07 2010
Asep firmansyah

Hatur nuhun pak,mga ilmu yg d brikan brmanfaat untk masyarakt bnyak,trmasuk sy sbgai pnyuluh pertanian,(THL-TBPP) KOTA TANGERANG

4 07 2010
Arief Rachman W.

Sama-sama bapak Asep, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Kandang Bambu Management bersyukur sekali jika dianggap memberikan kontribusi positif bagi perkembangan peternakan Indonesia. Salam Kandang bambu:)

9 07 2010
yana sary

salam kenal,saya ingin memulai ternak kambing di jawa timur,gmana cara agar pakan bisa di jangkau,makasih atas jawabanya

9 07 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal ibu Yana, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Agar pakan bisa di jangkau, ibu sebisa mungkin menentukan lokasi kandang sedekat mungkin dari sumber pakan terutama pakan jenis hijauan. Pastikan juga sebelum anda menentukan lokasi kandang, hijauan yang tersedia mampu menyuplai kebutuhan kandang ibu sepanjang tahun. Alternativ lain adalah dengan menanam hijauan sebelum memulai beternak, namun hal ini biasanya membutuhkan biaya tidak sedikit dan waktu yang relatif agak lama. Demikian semoga bermanfaat, salam kandang bambu:)

23 07 2010
agusnadi

Artikelnya bagus mas Arif menambah ilmu bagi saya. Mas Arif Dosis pemberian Vitamin B komplek untuk kambing umur 8-1 tahun berapa ya? terima kasih banyak atas infonya. agus cah kota gajah, Lampung.

23 07 2010
agusnadi

maaf mas Arief, maksud saya dosis standar pemberian vitamin B komplek pada Kambing Jantan umur 8 bulan s/d 1 tahun?. Dosis pemberian vitamin apa perlu ditambah setiap penambahan umur? tirima kasih bayak sukses selalu.

26 07 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Agus, terimakasih telah mengunjungi kadnangbambu weblog. Mengenai dosis vitamin b komplek bisa anda baca pada label botolnya. Biasanya dosis ditentukan berdasarkan bobot tubuh ternaknya. Otomatis tiap bertambahan umur yang diikuti dengan bertambanya bobot badan maka dosis pemberiaannya disesuaikan dengan %bobot badannya. Demikian semoga berkenan, salam kandang bambu:)

28 11 2010
Huda

Formulasi ransumnya cma bsa untuk kambing perah ya ?klo untuk kambing tipe pdaging formulasinya gmna?

29 11 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Huda, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Formula dalam artikel saya tersebut memang diperuntukkan untuk kambing perah, type pedaging (penggemukan) ada tersendiri namun saya belum mempelajari lebih jauh. Saat ini cukup banyak dijual pakan jadi complete feed untuk ternak penggemukan dan banyak diaplikasikan oleh peternak penggemukan. Salam kandang bambu :)

28 11 2010
muring

thanks buat ilmunya..

29 11 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Muring, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Salam kandang bambu :)

8 12 2010
imran

aslm. mas arief, kalau bisa artikelnya diberi gadget share. biar kita kita bisa share di akun FB / Twitter / Buzz / Blogger. trims

20 12 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, terimakasih sarannya pak Imran. Sudah saya follow up, salam kandang bambu :)

8 12 2010
zulfikar

halo mas Arip ketemu lagi, lg musim hujan di tempat saya rerumputan sulit di dapat, mau minta resep atau cara bikin pakan fermentasi bisa khan.trims zulfikar(jombang)

20 12 2010
Arief Rachman W.

Jumpa lagi mas Zulfikar, berikut link resep membuat pakan fermentasi milik kawan bloger di blitar. Mudah-mudahan bermanfaat, salam kandang bambu :) http://blog.lembahgogoniti.com/2010/07/cara-membuat-pakan-fermentasi.html

8 12 2010
emly

Saya mau menawarkan pakan ternak yg baik untuk pertumbuhan sapi maupun kambing,Ampas Gandum yg berasal dr proses pembuatan minuman bila ada yg berminat dapat menghubungi saya di 081387126558.terimakasih

31 01 2011
fiqhan

saya sangat saneng dengan situs ini, utk kemajuan kambing PE, kalau ditempat saya,biasanya minumannya dicampur dengan ampas kecap, apakah ini berguna mas! terus kandungan proteinnya seperti apa?

22 03 2011
nicko

asslkum,salam sukses peternak etawa indonesia,ada info untuk kontes kambing etawa 2011?

5 10 2011
hilmanadianta

1. saya berniat ternak PE penggemukan singkat 2-3bulan sebelum idul kurban, apa saya harus beli kambing lepas sapihan?
2. kambing lepas sapihan harganya brp klo buat kurban n umur brp?
3.idealnya kambing siap jual untuk kurban umur brp?dan harga jual PE brp per ekor buat kurban karna bibitnya sendiri dah mahal?

4.pertanyaannya sama namun posisi kambing kacang gmn?

5. malang mana alamatnya mas?

please bgt saya masih sangat awam,mohon info….makasih

3 03 2012
Abas

Bikin ternak kambig kepengen yang bagus dan carayah peraktis.

10 08 2012
havidkatili

ertikelnya sangat membuka wawasan saya… tx’s @_@

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: