Menaksir Usia Kambing

16 05 2009

Ref: Murtidjo A.B, Kambing sebagai ternak potong dan perah, Penerbit Kanisius, 1993.

Menaksir usia kambing merupakan salah satu pengetahuan yang perlu dikuasai oleh peternak. Pengetahuan itu bisa digunakan untuk melakukan seleksi usia kambing yang akan dibeli dan dipelihara, baik sebagai calon bibit atau bakalan yang akan dibesarkan.

Besar kecil tubuh, bukan ukuran usia kambing. Bisa saja terjadi kambing sudah tua tapi kurus akibat pemeliharaan yang buruk atau terkena penyakit, sehingga dari posturnya terlihat seperti kambing yang masih muda.

Cara yang dapat digunakan untuk memperkirakan usia kambing, yakni dengan mengamati giginya. Metode ini sangat cocok untuk dipraktikan dilapangan oleh peternak. Kambing tidak memiliki gigi seri pada rahang atas. Gigi seri hanya terdapat pada rahang bawah yang berjumlah 8 buah atau 4 pasang. Sedangkan gigi graham pada kambing usia dewasa ada 6 buah tiap setengah rahang atau berjumlah 24 buah gigi seluruhnya.

gigi 1

Anak Kambing biasanya lahir dengan gigi seri susu lengkap atau 8 buah gigi. Pergantian gigi seri susu dengan gigi seri tetap dapat dipergunakan sebagai pedoman untuk menentukan usia kambing dengan praktis. Setelah semua gigi susu berganti dengan gigi seri tetap, maka usia ditentukan pada perubahan2 pada gigi seri tetap itu. Namun hal ini tentu saja memerlukan latihan tersendiri agar peternak menjadi terampil.

Tabel umur

Aksi

Information

4 tanggapan

31 05 2009
duniaveteriner

artikelnya bagus-bagus …. saya termotivasi untuk saling berbagi informasi.

salam kenal ….

2 06 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas, terimakasih sudah mengunjungi blog saya. saya tunggu sharing informasi dan diskusinya. Salam kandangbambu:)

25 08 2010
Aris Lingkis

Kandang Bambu Yth ,

Pertama saya mengucapkan terimakasih atas segala informasi informasinya selama ini , informasinya sangat baik dan sangat membantu bagi kami .

Kami mempunyai pertanyaan dan mohon bantu infonya :
1. Berapa batas usia maksimal kambing ?
2. Pada usia berapa dan sampai usia berapa , untuk usia produktif kambing ?
3. Saya tinggal di area palembang , dimanakah saya dapat mendapatkan bibit kambing etawa yang terdekat dengan saya?

Terimakasih untu bantuan informasinya
Wassalam ,
Aris

26 08 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas Aris, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Komentar kami atas pertanyaan2 mas Aris adalah sebagai berikut:
1. Berapa batas usia maksimal kambing ?
Saya tidak bisa menjawab secara pasti usia maksimal untuk kambing, namun saya pernah menemukan kambing PE jantan yang berusia 10-11 tahun.
2. Pada usia berapa dan sampai usia berapa , untuk usia produktif kambing ?
Jika yang anda maksud adalah kambing perah terutama jenis PE (peranakan etawa), patokan usia pemeliharaan untuk betina kurang lebih selama 5 tahun. Sedangkan untuk pejantan bisa sampai 7-8 tahun tergantung perawatannya.
3. Saya tinggal di area palembang , dimanakah saya dapat mendapatkan bibit kambing etawa yang terdekat dengan saya?
Coba anda hubungi peternakan kambing umban sari di RIAU dengan bapak Imran, alamat email beliau:susukambingriau.blogspot.com
peternakankambingumbansari@gmail.com
Demikian respon saya terhadap pertanyaan anda, semoga membantu. Salam kandang bambu :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

