Identifikasi kambing Peranakan Etawa (PE) Unggul

11 03 2009

Meningkatnya pamor kambing peranakan etawa (PE) belakangan ini, membuat harganya melambung. Kondisi tersebut terjadi karena kambing jenis ini menjadi the most wanted oleh peternak maupun penghobi. Sayangnya, dari pengamatan saya dilapangan masih sering terjadi salah identifikasi kambing PE. Beberapa pembeli awam, terutama peternak kecil terjebak oleh pemahaman kurang tepat tentang identifikasi kambing ini. Banyak dari mereka terjebak dengan identitas kepala hitam tanpa memperhatikan lebih jeli unsur yang lain, padahal yang mereka beli atau miliki adalah jenis gembala (Abligon).

Guna memudahkan dan memperjelas cara memahami ciri kambing PE, saya coba membagi pengalaman saya. Sebenarnya sudah banyak artikel online, buku dan sejenisnya yang telah menjelaskan hal ini. Untuk memudahkan, saya lampirkan visualisasi gambar bagian-perbagian dari hasil membaca dan pengalaman saya di lapangan, sebagaimana tampak di bawah ini:

Mapping badan umum

Secara Umum identifikasi utama terbagi menjadi 7 bagian. Bagian 1 dan 2 adalah ciri bagian kepala dan daerah leher, ke-3 tinggi badan, ke-4 bentuk dan kondisi testis (pelanangan), ke-5 bentuk ekor, ke-6 bulu belakang dan ke-7 panjang badan. Secara lebih detail bisa terlihat dalam visualisasi gambar berikut:

Kepala

Badan

Badan Belakang

Beberapa kriteria ciri fisik lainnya seperti, ketebalan badan, warna testis (lanangan) dan yang lainnya juga sering diperhatikan orang, tetapi menurut saya hal itu bukan hal pokok yang utama. Demikianlah sedikit yang bisa saya tulis untuk para pemerhati, peminat dan khususnya peternak kambing PE. Semoga bermanfaat, Salam “Kandang Bambu”:).

About these ads

Aksi

Information

42 responses

17 03 2009
kambingonline crew

Salam kenal mas , artikel sampeyan sangat menarik . bagus untuk pemula atau yang awam tentang etawa . Boleh minta RSS link nya ? saya link ke website saya http://kambingonline.net

24 03 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas wahid, silakan mas. Website sampeyan juga saya link di blog saya ini. Salam Kandang Bambu:)

25 03 2009
tejajuan

bos salam kenal ,saya punya rencana beternak pe ,karena saya memang hobby dari kecil,lebih lebih saya dari lingkungan pedesaan,saya pecinta lingkungan juga,ingin menghijaukan desa dimana saya tingal,sekaligus saya manfaatkan hijauan itu,mas sekarang saya masih kerja merantau,bulan 8 -2009 saya rencana akan mulai karena saya sudah pulang kampung halaman.saya ingin berguru dan mencari pe pe yang bagus ,saya mohon bantuan nya ,dan dimana saya bisa belajar ,mohon bimbingan nya,dan untuk harga pe nya kira kira berapa yang sudah bunting.cukup sekian ,terima kasih sebelum nya

27 03 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga dari saya, monggo aja kalau mau share beternak kambing PE dengan saya. Saya senang kalau semakin banyak yang berminat dan terjun mengembangkan kambing PE. Mungkin nanti kalau mas sudah pulang kampung, maen aja ke malang nanti insya Alloh saya antar melihat dan belajar ke sentra peternak kambing PE di Malang. Belajar beternak kambing PE bisa anda lakukan dengan baca buku, cukup banyak buku bagus sudah diterbitkan mengulas tentang kambing PE dari A-Z:). Selanjutnya anda bisa terjun langsung ke kandang peternak untuk melihat secara langsung prakteknya. Harga Induk bunting saat ini sangat variatif tergantung kualitas kambingnya mas. Salam Kandang Bambu:)

3 04 2009
tejajuan

bos gimana kabare …..semoga sehat sehat saja….salam etawa dari cah deso,kambing nya juga mudah mudahan sehat dan tambah berkembang,

11 04 2009
Arief Rachman W.

Kabar baik mas, terimakasih disana juga baik dan sehat selalu, dan segera membuka “bengkel” kambing PE nya:). Posisi dimana sekarang?

12 04 2009
tejajuan

posisi masih terikat kontrak kerja,pengen juga segara mengikuti jejak sampean ,yang penting tukar ilmu nya jangan sampai lupa, dan bibit nya sekalian ….semoga tambah maju ,salam etawa berkarya terus…maturnuwun..

12 04 2009
Arief Rachman W.

ok, beres mas. Bibit bisa dicari kok…..:) yang penting semangatnya dulu …. Rencana lokasi ternaknya di mana?

22 04 2009
Ihsan

Salam kenal,
Apakah menu makanan yang bermutu juga mempengaruh penampilan kambing terutama mencetak kambing “super”????

22 04 2009
amir

Mas alamat malangnya dimana, ada no Hp yg bisa dihubungi? punya banyak bibitan etawa yang bagus mas? Saya amir dimadiun. Nuwun. mohon replay ke email saya ‘amir_kpp@yahoo.com

23 04 2009
Arief Rachman W.

Alamat saya di Malang Jawa Timur. Cp. 081334612246. Kalau mau lihat bibit kambing di malang silahkan datang insya Alloh saya antar mas amir:). Salam Kandang Bambu:)

23 05 2009
agus

salam kenal mas,saya dari trowulan mojokerto.lagi belajar beternak PE.saya udah punya 2 ekor,menurut saya,PE yan saya punyai itu udah bagus2.saya mau nanya nih,masalah kandangnya apa kalau udah umur 8 bln PE laki2 harus di pisah2.sekian dulu dari saya dan terima kasih

24 05 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal mas agus:). Sebaiknya memang dipisah mas agus, untuk menghindari hal2 yang tidak diinginkan seperti : Berkelahi (berik) sesama pejantan atau terjadi perkawinan dini jika dicampur betina). Saran saya coba njenengan maen2 ke kandangnya abah syamsul di pacet. Anda bisa belajar banyak dengan beliau. Salam Kandang bambu:)

4 06 2009
Ihsan-Medan

Salam jumpa…
Anak PE jantan umur 8 bln digabung sama yang tua, berpengaruh gak ke anak PEnya? Txs.

7 06 2009
Arief Rachman W.

salam jumpa lagi mas ikhsan. sebaiknya jangan mas, kasian anaknya kalau nanti berkelahi dengan pejantan yang lebih tua. Sayang mas:).

20 12 2009
dr.Imron Rosyadi

mas salam kenal…………………..saya sebenarnya pingin betul pelihara kambing PE tapi jujur saya buta terutama harga kambing pasarannya brapa?……mhn informasi sebagai bahan pertimbangan modal yang disiapkan

20 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal dr.Imron, senang berkenalan dengan anda. Mengenai harga bibit kambing PE saat ini agak mahal pak, indukan kualitas kandang berkisar 2,5-5jtan. Sedangkan harga pejantan kelas kandang harganya kisaran 4-7jtan. Lebih dari itu masih ada indukan dan pejantan kelas hobies, namun harga bibit baik indukan maupun pejantan sangat mahal pak. Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga mebantu dr. Imron. Salam kandang bambu:)

22 12 2009
hefni sugianto

slam knal Bos… Sy dr madura & sangat terbntu dg artikel mpean, sy ksulitan mngenali kambing yg baru bunting gmn crinya trutama dr fisik? Trm ksh

22 12 2009
Arief Rachman W.

Salam kenal juga mas hefni, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Mengenali kambing bunting terutama dari ciri fisik setau saya baru bisa diketahui saat umur kebuntingan 3bln keatas. Kalau kebuntuingan awal sangat susah dikenali dari ciri fisik, biasanya bisa diketahui dari tidak lagi terjadi siklus birahi. Namun tidak terjadi siklus birahi bukan ukuran mutlak bahwa kambing tersebut 100% bunting mas, sering terjadi kambing setelah dikawinkan tidak lagi birahi dalam 1 siklus tapi siklus berikutnya betina tersebut birahi lagi. Kesimpulannya mengetahui kambing bunting saat awal kehamilan hanya bisa diketahui dengan melakukan tes kehamilan, bisa melalui bantuan dokter hewan setempat. Demikian semoga membantu, salam kandang bambu:)

11 01 2010
yuniar

Mas Arif,makasih banyak saran n masukannya,mudahan usaha saya memelihara kambing PE d balikpapan bisa berkembang.
Sekali lg Terima kasih,

12 01 2010
Arief Rachman W.

Sama-sama mas yuniar, senang bisa berbagi dengan sesama peternak PE seperti anda. Salam kandang bambu:)

15 03 2010
M.Abie.Sobirin

Mas arief terima kasih banyak atas artikel2xnya yg sudah banyak membantu saya.
Mas saat ini dipeternakan, saya memelihara kambing jenis domba, & kedepannya saya ingin mengembangkan jenis PE nya ( saat ini baru punya 1 jantan&3 betina ) Yang menjadi pertanyaan saya adalah, apakah benar jika memelihara kambing jenis PE tidak boleh dicampur / memelihara juga jenis kambing domba? , mohon pencerahannya mas Arief….

wassalam

Abie

17 03 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas sobirin, terimakasih banyak telah menjadi pengunjung setia weblog kandang bambu. Secara detil saya belum menguasai benar masalah yang anda tanyakan, namun menurut pendapat saya sebaiknya jangan dicampur dalam satu kandang. Kemudian yang juga paling penting untuk diperhatikan adalah menjaga kebersihan kandang dan ternak anda untuk mencegah terserang penyakit yang bisa menular pada ternak yang lain.
Mungkin kawan sekalian ada yang bisa memberi masukan bagi permasalahan mas sobirin, kami persilahkan. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam Kandang Bambu:)

23 03 2010
Ronald Syah

Salam kenal mas arif, saya ingin ternak kambing PE, pertanyaannya apakah PE bisa dilepas dipadang gembala seperti halnya dg kambing kacang? …lalu apa beda PE dg Jawa randu, trimakasih

25 03 2010
Arief Rachman W.

Salam Kenal mas ronald, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Menurut hemat saya, memelihara kambing perah sebaiknya dikandangkan. Tujuannya adalah memudahkan peternak untuk mengontrol kualitas asupan pakan dan kesehatan ternaknya. Menurut yang saya tau, beda PE dengan jawa randu cenderung pada gen etawa yang disandangnya. PE menurut saya memiliki gen etawa jauh lebih baik daripada jawa randu, hal itu bisa dilihat dari ciri fisik PE khususnya pada PE ras Kaligesing. Demikian yang bisa saya share dengan mas ronald, salam kandang bambu:)

22 04 2010
mbah jei

mas arief, di malang alamat lengkapnya dimana ? saya rumah di kepanjen, ingin belajar ternak kambing, persiapan pensiun.

22 04 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal pak wahyudi, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Kandang bambu beralamat di Perum. Istana Gajayana A5, jln Gajayana , Dinoyo Malang. Bapak bisa hubungi saya di 081334612246 jika ingin berkunjung, salam kandang bambu:)

5 05 2010
syaipul

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Salam kenal dari Mataram, NTB
Saya tertarik dengan ternak Kambing PE, kebetulan saya juga baru mencoba menjadi peternak sapi beberapa minggu yang lalu saya di berikan saran oleh orang dinas peternakan di kabupaten saya untuk mencoba bisnis kambing PE.cuma saya masih mencari tempat membeli bibit kambing PE kebetulan saya di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat dan bagaimana caranya bisa mendapatkan bibitnya dan cara pengirimannya ke Mataram bisa dibantu infonya.
Syaipul Jihad
081803623180

5 05 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam,
Salam kenal mas Syaipul. Kami bisa membantu keperluan anda akan pemenuhan bibit kambing PE. Hanya saja kami membutuhkan informasi tentang arah beternak anda, agar kami tidak salah dalam memberikan penawaran jenis kambing dan kualitasnya. Untuk lebih jelasnya mas syaipul bisa langsung menghubungi saya di 081334612246. Terimakasih, salam kandang bambu:)

10 05 2010
syaipul

Assaalamu’alaikum Wr.wb
Terima kasih mas arif , saya peternak pemula bisnis plan untuk beternak kambing fe ini seperti apa dan memuali bisnis ini harus memulai dari berapa ekor. Kedepan saya ingin jadi penyuplai bibit fe minimal untuk daerah NTB, kalau ada peluang kita buat kerjasama.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

10 05 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, Jumpa lagi mas syaipul, ngumbe kabar side? mudah-mudahan selalu diberi kesehatan. Memulai beternak kambing PE kecil-kecilan bisa dari 1 atau 2 ekor, sesuai kemampuan dan kondisi lingkungan anda. Yang terpenting ada kemauan dan kerja keras untuk maju dan mengembangkan ternak tersebut. Ide anda untuk menjadi suplier bagus juga, dan sepanjang pengetahuan saya permintaan daerah NTB untuk kambing PE mulai banyak mas. Hanya saja belum ada peternak kambing PE disana yang mampu memenuhi permintaan pasar tersebut, sehingga masih mendatangkan ternak dari jawa. Kami membuka diri untuk pembicaraan pengembangan dan kerja sama, silahkan kontak saya di 081334612246 jika diperlukan. Salam kandang bambu:)

16 05 2010
yusuf

assalamu’alaikum. mas saya dari aceh, setelah membaca artikel mas, saya menjadi tertarik untuk beternak kambing PE, saran mas untuk pemula seperti saya ini bagaimana mas untuk memulai beternak kambing PE, terima kasih.

17 05 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, salam kenal mas yusuf di Aceh. Terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog, saya mohon maaf karena agak lama merespon komentar anda. Untuk awal mungkin sebaiknya mantapkan kemampuan beternaknya dulu saja mas yusuf, mulai dengan kambing perah kualitas kandang dengan harga yang terjangkau. Rawat dengan maksimal, pelajari selukbeluknya dan terus kembangkan. Mungkin di tahun ke-2 ketika pengalaman sudah jauh lebih baik, silahkan anda perbaiki kualitas ternak dan kembangkan dalam sekala yang lebih besar. Jangan segan untuk belajar dan terus bertanya pada kawan peternak yang lebih berpengalaman yang ada di sekitar anda. Dengan kemauan serius dan kerja keras, saya yakin insya Alloh mas yusuf akan sukses beternak kambing perahnya. Salam kandang bambu:)

4 06 2010
rian

lam knal………..?

4 06 2010
Arief Rachman W.

Salam kenal mas rian, terimakasih telah mengunjungi kandang bambu weblog. Salam kandang bambu:)

31 08 2010
Isnadi Wardana

Assalamu’alaikum mas Arief…! Salam kenal dari Padang…saya membaca artikelnya mas Arief. Saya sangat tertarik sekali dengan usaha peternakan kambing PE ini. Tapi saya masih bingung nich mas..mengenai pemasarannya gimana?? Kambing PE ini kan produk utamanya susu , jadi dimana pemasaranya dan berapa harga pasar utk susunya / liter. Dan klo boleh tau mas, disana untuk harga anak (umur 2-4 bln) kambing PE berapa dipasarannya ? Soalnya klo beli yang dewasa kayaknya mahal banget… dgn modal 30 Jt diperkirakan cuman dpt 2-3 ekor PE dewasa…
Nah, menurut saya klo dibelikan anak nya saja yg masih berumur kisaran 3-4 bulan… mungkin lebih banyak…
jadi klo boleh tau nich mas arief , harga pasaran utk anak PE umur 3-4 bulan berapa ?
Klo didatangkan dari sana berapa tuch biayanya,..?
Thanks ya Mas Arief…Mohon bantuannya…!

8 10 2010
ashri

mas arief tolong artikel bibit unggul domba garut ciri-ciri bagaimana, maklum aku newbie dipeternakan.
thx atas info2nya

23 10 2010
uyunmuzizah

ass mas arif ini mau nanya saya punya indukan 2 ekor kok belum birahi lg padahal anaknya udah ada 5 bln gimana ya mas supaya cepet birahi lagi.maksih ya mas waslm.

3 11 2010
Arief Rachman W.

Waalaykumsalam, jumpa lagi bu uyun mohon maaf lambat merespon pertanyaan ibu karena beberapa hari ini saya sering ke luar kota. Lambatnya proses birahai pada induk pasca melahirkan biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut:
1. Induk yang satu kandang dengan cempenya biasanya mengalami keterlambatan masa birahi, untuk itu sebaiknya cempe dipisah sejak awal dari induk.
2. Kecukupan nutrisi pakan juga berpengaruh, karena induk yang terlalu kurus (kurang nutrisi pakan) sepengetahuan kamisering mengalami gangguan siklus birahi.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Salam kandang bambu :)

11 11 2011
Awal

Assalamuailikum masaa??
saya mau nanya,, kalau harga kambing saanen yang umurnya seminggu berpa???

4 03 2012
Cherokee

Assalamu’alaikum maz Arief…!! salam kadang dari purwakarta…
saya punya cempe yg baru berumur 2bln tp induk’ny mati,skrang usia cempe 5bln tp pertumbuhannya jd lambat,mnta resep asupan makanan’ny mas untuk si kecil…???awal’nya saya kasih dia susu formula(SGM 0-6bln) smpai cempe berumur 4bln skr sya udh g kasih susu lg…
Untuk yg pejantan umur 1th lbih sya coba kawinkan dngan betina umur yg sama gpp gthu maz..??
Untuk pejantan bagian pipi sama jenong’ny sering terlihat basah,thu knp maz..??
kl tanduk penjantan yg hampir nusuk k kpala d potong pengaruh g saat penilain kontez maz..??kl d betulin cara’ny gmn maz…???
untuk penyakit kulit pda cempe baguz’ny di kasih pa y maz…??
Mhon pencerahan’ny maz..Mkasih y maz…
Slam dri komunitaz PE Purwakarta

18 03 2012
irfan

SLM Kenal
mas mw tnya, kalu kambing nafsu makan nya kurang di beri apa y mas?
Dan kalau mau menggemukan kambing PE di beri dengan apa mas??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: